Tinjauan viktimologi dan kajian hukum pidana islam terhadap korban tindak pidana dalam transaksi jual beli tanah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wibowo, Hideo Douzat (2024) Tinjauan viktimologi dan kajian hukum pidana islam terhadap korban tindak pidana dalam transaksi jual beli tanah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hideo Douzat Wibowo_05010320011 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Hideo Douzat Wibowo_05010320011 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan akan tanah oleh masyarakat terus meningkat seiring perkembangan zaman dilihat dengan adanya kemajuan ekonomi, banyak masyarakat yang tersangkut dalam kegiatan ekonomi seperti proses sewa-menyewa, pemberian kredit, jual beli dan lain sebagainya. Semakin maraknya kasus penipuan dalam jual beli seperti penipuan dalam hal pemalsuan Sertifikat Tanah, maka penelitian ini meninjau korban baik dari tinjauan hukum positif kususnya dalam hal viktimologi dan juga dari kajian hukum pidana islam. Sehingga menyimpulkan suatu jawaban yaitu mengenai Hak dan Perlindungan hingga Upaya Hukum yang perlu dilakukan oleh korban tindak pidana tersebut, baik dari tinjauan viktimologi dan juga kajian hukum pidana Islamnya Penelitian ini memakai Jenis Penelitian dengan pendektan Normatif atau perundang-undangan (statute approach) yang berdasarkan pendekatan melalui undang-undang, dengan sumber bahan hukum yang mengambil bahan hukum primer dan juga sekunder dengan tekhnik Induktif dalam pemaparan penelitiannya secara deskriptif. Penulis berharap dalam penelitian ini dapat memberikan pengaruh baik dalam perkembangan Undang-undang atau peraturan yang ada di Indonesia dan juga sebagai pertimbangan hakim dalam memutus suatu perkara di pengadilan dan menerapkan nilai-nilai hukum pidana Islam di Negara Indonesia, untuk mempertegas, membangun, menyempurnakan aturan tentang perlindungan korban hak si korban penipuan sehingga dapat menerapkan atau mengkorelasikan nilai-nilai keislaman dengan hukum positif yang ada di Indonesia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wibowo, Hideo Douzathideojam80@gmail.com05010320011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107102
Subjects: Hukum
Keywords: Jual beli; Penipuan; Sertifikat tanah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Hideo Douzat Wibowo
Date Deposited: 07 May 2024 07:34
Last Modified: 07 May 2024 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69485

Actions (login required)

View Item View Item