Konsep Hizbullah menurut al Quran: aplikasi teori mana cum maghza

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qurani, Hizbia (2024) Konsep Hizbullah menurut al Quran: aplikasi teori mana cum maghza. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hizbia Qurani_07030320095 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hizbia Qurani_07030320095 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Perubahan zaman mempengaruhi beberapa hal dalam berbagai aspek kehidupan seperti dalam wacana pergeseran makna dalam menafsirkan al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah usaha mencari kebenaran pemahaman teks ayat terkait klaim kata “Hizbullah” dalam al-Qur’an yang menjadi kontroversial setelah dihubungkan dengan suatu partai atau golongan politik tertentu di Indonesia. Maka, pertanyaan yang perlu dijawab dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana kajian linguistik kata Hizbullah dalam al-Qur’an? 2) Bagaimana signifikansi historis kata Hizbullah dalam al-Qur’an? 3) Bagaimana kontekstualisasi kata Hizbullah dengan menggunakan teori ma‘na cum maghza? Melalui metode analisis-deskriptif, penelitian ini menggunakan jenis kepustakaan dalam menganalisa kata Hizbullah dengan teori hermeneutika “ma‘na cum maghza,” yang dikembangkan oleh Sahiron Syamsuddin. Data primernya adalah ayat al-Qur’an yang memuat kata Hizbullah, yaitu al-Qur’an surat al-Maidah ayat 56 dan al-Mujadilah ayat 22. Dengan menyajikan data sekunder berupa kamus dan kitab kajian bahasa Arab pada abad ke- 7 Masehi, kitab-kitab tafsir dengan kajian analisis asbab al-nuzul, dan literatur yang memiliki kaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kata Hizbullah menurut al-Qur’an, merujuk pada kelompok yang memiliki tujuan bersama untuk membela agama Allah. Analisis intratekstual dan intertekstual ayat mengungkapkan bahwa Hizbullah adalah orang-orang yang patuh pada perintah Allah, menjalin persahabatan dengan orang mukmin, dan tidak ber- muwalaah dengan orang kafir. 2) Signifikansi historis ayat mengungkap pesan ancaman untuk orang munafik dan murtad. 3) Hasil kontekstualisasi ayat menunjukkan bahwa Hizbullah adalah kelompok yang memiliki visi dan misi untuk membela agama Islam, namun tetap menghargai antar manusia agar tidak menyebabkan perpecahan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan akademis untuk memahami lebih dalam makna kata Hizbullah, menghindari potensi kesalahan dalam pemahaman tafsir hingga penerapannya, dan perlunya penelitian yang lebih luas serta mendalam terhadap terhadap suatu informasi, terutama dalam hal yang mengaitkan dengan ajaran agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qurani, Hizbiahizbiaq@gmail.com07030320095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, PurwantoUNSPECIFIED197804172009011009
Subjects: Al Qur'an > Asbabun Nuzul
Dakwah > Hermeneutik
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Mana cum maghza; Hizbullah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hizbia Qurani Fathony
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:48
Last Modified: 16 Apr 2024 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69490

Actions (login required)

View Item View Item