Peningkatan klasifikasi citra pemicu trypophobia dengan augmentasi pada deep learning model arsitektur Convolutional Neural Network (CNN)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hawani, Zuyyina (2024) Peningkatan klasifikasi citra pemicu trypophobia dengan augmentasi pada deep learning model arsitektur Convolutional Neural Network (CNN). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuyyina Hawani_09040620070 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Zuyyina Hawani_09040620070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ketidaknyamanan visual yang dirasakan oleh beberapa orang ketika melihat objek berupa kumpulan lubang kecil yang tidak beraturan, dapat memengaruhi kondisi psikologis manusia sehingga menimbulkan gejala kecemasan dan ketakutan berlebih. Gejala ini dikenal dengan trypophobia, yang hanya fokus pada presepsi visual namun cukup memberikan dampak terhadap kesejahteraan mental. Penggunaan Convolutional Neural Network (CNN) untuk melakukan klasifikasi menjadi pendekatan yang berguna dalam memahami dan menginvestigasi fenomena trypophobia, terutama dalam konteks analisis gambar dan pola visual. Pada penelitian ini, dilakukan klasifikasi menggunakan model arsitektur EfficientNetB0 dengan augmentasi optimal. Pengenalan pola dataset menciptakan beberapa metode augmentasi. Hasil dari beberapa percobaan metode augmentasi menghasilkan transformasi optimal yaitu transformasi rotasi dan horizontal flip secara berurutan dengan akurasi sebesar 96,9%. Menurut hasil percobaan, pengenalan pola penting dilakukan untuk memahami karateristik data, menentukan transformasi dan teknik augmentasi yang tepat untuk menghasilkan hasil yang optimal

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hawani, Zuyyinazuyyinahawani@gmail.com09040620070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNugroho, Bayu Adhibayu@uin[sby][sa].ac.id0718057902
Thesis advisorKhalid, Khalidkhalid@uinsby.ac.id197906092014031002
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Peningkatan klasifikasi citra pemicu trypophobia dengan augmentasi pada deep learning model arsitektur Convolutional Neural Network (CNN)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Zuyyina Hawani
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:05
Last Modified: 04 Apr 2024 06:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69491

Actions (login required)

View Item View Item