Relasi kuasa pemerintah terhadap aktivitas keagamaan Islam di Malaysia: studi kasus masjid Al-Hasanah Bandar Baru Bangi Selangor - Malaysia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permana, Rizqullah Apta (2024) Relasi kuasa pemerintah terhadap aktivitas keagamaan Islam di Malaysia: studi kasus masjid Al-Hasanah Bandar Baru Bangi Selangor - Malaysia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizqullah Apta Permana_10020120062 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rizqullah Apta Permana_10020120062 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pemerintah Malaysia, mengendalikan aktivitas keagamaan Islam di Masjid Al-Hasanah di Selangor, Malaysia melalui berbagai mekanisme. Pemerintah memainkan peran penting dalam membentuk dan mengarahkan aktivitas keagamaan di masjid Al-Hasanah. Jika dilihat dari konstitusi pelembagaan Malaysia, upaya kontrol yang dilakukan negara ini dilakukan untuk menjaga agama islam sebagai agama resmi negara Malaysia, menjaga peran raja sebagai ketua agama islam, dan mencegah masuknya pengaruh ajaran islam yang tidak diinginkan. Mekanisme yang digunakan dalam hal ini mencerminkan konsep govermentality Foucault, yaitu cara pemerintah mengatur dan membentuk perilaku masyarakat melalui pengetahuan dan praktik keagamaan. Pemerintah memiliki kontrol atas pengetahuan agama, yang memengaruhi pemahaman dan praktik keagamaan masyarakat. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kuasa dan pengetahuan saling terkait dalam pengaturan aktivitas keagamaan Islam di Malaysia, khususnya di Masjid Al – Hasanah di Bandar Baru Bangi, Selangor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permana, Rizqullah Apta10020120062@student.uinsby.ac.id10020120062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrakasita, Ajeng Widyaajeng.widya.prakasita@uinsby.ac.id2023029502
Subjects: Demokrasi Islam
Daulah Islam
Hubungan Internasional
Politik Internasional
Keywords: Relasi Kuasa; Relasi kuasa pemerintah; Aktivitas Keagamaan Islam; Ibadah Agama Islam; Malaysia.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: RIZQULLAH APTA PERMANA
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:21
Last Modified: 23 Apr 2024 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69497

Actions (login required)

View Item View Item