Implementasi dakwah bil hal dalam pemberdayaan masyarakat kota melalui pemanfaatan limbah sampah organik di Kampung Songo Kelurahan Simomulyo Baru Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfiro, Ani Chofifatul (2024) Implementasi dakwah bil hal dalam pemberdayaan masyarakat kota melalui pemanfaatan limbah sampah organik di Kampung Songo Kelurahan Simomulyo Baru Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ani Chofifatul Mahfiro_04040220060 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ani Chofifatul Mahfiro_04040220060 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pemberdayaan masyarakat kota dalam pemanfaatan limbah sampah organik rumah tangga melalui inovasi budidaya maggot BSF. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Peneliti menggunakan strategi analisis pengembangan aset melalui SOAR dengan analisis program untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai metode seperti FGD (Forum Group Discussion), wawancara, pemetaan komunitas, penelusuran wilayah (transect), serta teknik observasi dan dokumentasi. Hasil dari pemberdayaan ini menciptakan sebuah tranformasi positif melalui pastisipasi masyarakat yang aktif yang ditunjukkan pada perubahan dalam cara masyarakat melihat aset dan potensi mereka, terbentuknya kelompok yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk inovatif dari sampah organik dengan cara yang paling efisien. Masyarakat juga memiliki kemampuan untuk menjual produk maggot BSF secara langsung dan melalui media sosial. Dakwah bil hal dalam dakwah pengembangan masyarakat pada konteks penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap dalam membangun masyarakat, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah, yaitu takwin, tanzim, dan taudi’. Tahap takwin merupakan tahap pembentukan masyarakat, tahap tanzim adalah pembinaan dan penetaan masyarakat, tahap terakhir yaitu tahap taudi’ atau tahap kemandirian dan keterlepasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfiro, Ani Chofifatulanichofifah22@gmail.com04040220060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Pemberdayaan
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; dakwah bil hal; pemanfaatan aset dan potensi; ekonomi kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ani Ani Chofifah
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:30
Last Modified: 04 Apr 2024 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69499

Actions (login required)

View Item View Item