Pengaruh tingkat pengangguran terbuka, indeks pembangunan manusia, ketimpangan pendapatan, dan layanan sanitasi terhadap kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi DKI Jakarta pada Tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Febianti Putri (2024) Pengaruh tingkat pengangguran terbuka, indeks pembangunan manusia, ketimpangan pendapatan, dan layanan sanitasi terhadap kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi DKI Jakarta pada Tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febianti Putri Pratiwi_08040120090 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Febianti Putri Pratiwi_08040120090 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan memiliki perspekif multidimensi yang tidak bisa diatasi hanya dengan satu kebijakan saja, melainkan perlu kebijakan multisektor agar dapat menekan angka kemiskinan. Permasalahan terkait kemiskinan dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain rendahnya kualitas sumber daya manusia, minimnya lapangan pekerjaan, pelayanan sanitasi yang kurang, dan berbagai faktor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh TPT, IPM, ketimpangan pendapatan dan layanan sanitasi terhadap kemiskinan di kabupaten/kota provinsi DKI Jakarta pada tahun 2018-2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan sumber data berasal dari Badan Pusat Statistk Provinsi DKI Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan diolah menggunakan software Eviews10. Metode analisis regresi data panel menguji model terbaik yaitu Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM), dan Random Effect Model (REM). Pada penelitian ini model yang terbaik yaitu menggunakan Fixed Effect Model (FEM).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, tingkat pengangguran terbuka, indeks pembangunan manusia, ketimpangan pendapatan dan layanan sanitasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kemiskinan di kabupaten/kota provinsi DKI Jakarta pada tahun 2018-2022. Indeks pembangunan manusia dan layanan sanitasi menunjukkan arah yang tidak sejalan dengan teori yang dimana mempengaruhi angka kemiskinan menjadi naik. Sedangkan secara simultan, tingkat pengangguran terbuka, indeks pembangunan manusia, ketimpangan pendapatan dan layanan sanitasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kemiskinan di kabupaten/kota provinsi DKI Jakarta pada tahun 2018-2022.
Penelitian ini memberi rekomendasi kepada pihak pemerintah agar dapat meningkatkan kualitas pembangunan dan pemerataan akses pendidikan serta layanan sanitasi. Kebijakan yang inklusif terutama di wilayah yang belum memadai, seperti Kabupaten Kepulauan Seribu maupun di Kota Jakarta Utara untuk menekan angka kemiskinan pada Provinsi DKI Jakarta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Febianti Putrifebianti.putri.pratiwi05@gmail.com08040120090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahabdullahkafabih@uinsby.ac.id2007089103
Subjects: Ekonomi
Kemiskinan
Pengangguran
Keywords: Tingkat pengangguran terbuka; indeks pembangunan manusia; ketimpangan pendapatan; layanan sanitasi; kemiskinan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Febianti Putri Pratiwi
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:01
Last Modified: 04 Apr 2024 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69507

Actions (login required)

View Item View Item