Hibah dan money politic dalam pemilu 2019: studi kasus pandangan tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anin, Fitria Novita (2024) Hibah dan money politic dalam pemilu 2019: studi kasus pandangan tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Novita Anin_07040420023.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Fitria Novita Anin_07040420023 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali pandangan tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah di Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan mengenai hibah dan money politic dalam pemilu serta mengetahui implikasi hibah dan money politic. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori hibah, teori money politic, dan teori pemilu. Adapun analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan terdapat adanya kasus hibah dan money poitic pada pemilu 2019. Organisasi Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah menerima bentuk hibah pemilu dan money politic dengan keluaran uang, tanah dan banguan. Meski keduanya menghukumi haram namun tetap menerimanya dengan alasan agar tetap memiliki jaringan sosial dengan elite politik. Pada penelitian ini terdapat perbedaan pandangan terkait hibah antara kedua tokoh, di mana tokoh Nahdlatul Ulama menganggapnya lumrah sebagai tradisi, sedangkan tokoh Muhammadiyah menolaknya sebagai risywah. Kedua tokoh sepakat bahwa money politic dihukumi haram, meskipun tokoh Nahdlatul Ulama melihat kemungkinan pembenahan dengan syarat tertentu. Selain itu, implikasi dari hibah dan money politic dalam pemilu mencakup potensi korupsi, penghambatan kaderisasi politik, dan kerusakan demokrasi. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam terhadap dampak negatif praktik tersebut dalam konteks Kecamatan Maduran, memberikan kontribusi pada pemahaman tentang kompleksitas politik dan nilai-nilai dalam masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anin, Fitria Novitafitriiaann@gmail.com07040420023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRedjosari, Slamet Mulionosmuliono@gmail.com2029116801
Subjects: Politik
Politik > Politik Islam
Pemilihan Umum
Keywords: Hibah; money politic; pemilu 2019; Nahdlatul Ulama; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Fitria Novita
Date Deposited: 05 Apr 2024 01:42
Last Modified: 05 Apr 2024 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69514

Actions (login required)

View Item View Item