Menggali tantangan pada pelaku usaha kecil menengah dalam menerapkan SAK-EMKM: studi kasus pada UMKM Putikasari Rottan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Binti (2024) Menggali tantangan pada pelaku usaha kecil menengah dalam menerapkan SAK-EMKM: studi kasus pada UMKM Putikasari Rottan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Habibah_08030220098 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Binti Habibah_08030220098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) adalah standar akuntansi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelaporan keuangan UMKM. Dengan adanya SAK EMKM, maka pelaku UMKM dapat menyediakan informasi yang dapat digunakan sebagai landasan untuk aktivitas lain seperti menjalankan bisnis, menentukan harga, memenuhi persyaratan perpajakan, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tantangan UMKM Putikasari Rottan Gresik dalam menerapkan SAK EMKM serta memberikan solusi bagi pemilik UMKM dalam penerapan akuntansi sesuai dengan standar yang berlaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian yang mempelajari suatu kasus atau fenomena dalam konteks nyata secara detail dan mendalam tentang individu, kelompok, institusi, dan sebagainya dalam waktu tertentu. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 3 orang yaitu pemilik, pengelola, dan salah satu karyawan. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder, serta menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokemntasi dalam pengumpulan data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tantangan UMKM Putikasari Rottan dalam menerapkan SAK EMKM sebagai berikut: 1) Pelaku UMKM beranggapan bahwa akuntansi itu ribet 2) Kurangnya pemahaman dalam mengelola keuangan 3) Faktor pendidikan 4) Kurangnya SDM yang memiliki pengetahuan SAK EMKM 5) Ketidaktentuan laba yang diperoleh. Dan 6) Belum adanya sosialisasi dan pelatihan mengenai SAK EMKM pada UMKM. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada para pelaku UMKM agar menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Selain itu, diharapkan pelaku UMKM untuk menggali informasi mengenai SAK EMKM untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan usahanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Binti08030220098@student.uinsby.ac.id08030220098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Keuangan
Keywords: SAK EMKM; laporan keuangan; UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Binti Habibah
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:21
Last Modified: 04 Apr 2024 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69523

Actions (login required)

View Item View Item