Pengaruh sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA), pajak eaerah, dan dana alokasi khusus (Dak) terhadap pertumbuhan ekonomi pada pemerintahan kabupaten dan kota di Jawa Timur pada tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Aisiyah Nur (2024) Pengaruh sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA), pajak eaerah, dan dana alokasi khusus (Dak) terhadap pertumbuhan ekonomi pada pemerintahan kabupaten dan kota di Jawa Timur pada tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisiyah Nur Rahmawati_08040120077.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aisiyah Nur Rahmawati_08040120077_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Provinsi Jawa Timur memegang peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian nasional karena sumber daya alamnya, industri maupun SDM yang melimpah, serta adanya potensi besar mampu berpartisipasi secara signifikan untuk pertumbuhan ekonomi nasional. Pertumbuhan ekonomi diukur dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) untuk membuktikan apakah pembangunan yang dilakukan mengalami keberhasilan atau tidak. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi mengarah pada peningkatan kesejahteraan individu menjadi semakin baik. Penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA), Pajak Daerah, dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Pemerintahan Kabupaten dan Kota Di Jawa Timur Pada Tahun 2018-2022” bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari SiLPA, pajak daerah, dan DAK terhadap pertumbuhan ekonomi pada pemerintahan kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2018-2022. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan data sekunder. Data penelitian diperoleh dari website laporan realisasi APBD 2018-2022 dan Badan Pusat Statistik. Teknik analisis yang dipergunakan pada penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif dan analisis regresi data panel. Penelitian ini menggunakan populasi pemerintahan kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni sampling jenuh. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pemilihan model estimasi Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM), dan Random Effect Model (REM). Pemilihan model estimasi model tersebut menggunakan pengujian uji chow dan uji hausman yang berguna untuk memilih model sexara tepat dalam melanjutkan uji asumsi klasik serta uji kelayakan model yakni Fixed Effect Model (FEM).Penelitian menunjukkan hal bahwa 1) SiLPA berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi; 2) Pajak daerah memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi; 3) Dana Alokasi Khusus memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi; serta 4) SiLPA, pajak daerah, dan DAK secara simultan memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai cerminan keadaan keuangan daerahnya sebagai cara dalam pengoptimalan kenaikan pelayanan daerah. Optimalisasi ini melibatkan pemanfaatan potensi sumber daya ekonomi asli yang ada di daerah tersebut. Selain itu, pemerintah juga dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur. Bukan hanya itu, pemerintah bisa mempertimbangkan kebijakan yang lebih progresif dan mendukung perkembangan sektor ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Aisiyah Nur08040120077@student.uinsby.ac.id08040120077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nuruln.lathifah@uinsa.ac.id0728058901
Subjects: Ekonomi
Keuangan
Keywords: Pertumbuhan ekonomi; SiLPA; pajak daerah; DAK
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Aisiyah Nur Rahmawati
Date Deposited: 04 Apr 2024 05:00
Last Modified: 04 Apr 2024 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69530

Actions (login required)

View Item View Item