Analisis hukum Islam terhadap penetapan biaya administrasi pada saat penutupan tabungan autosave muḍᾱrabah sebelum jatuh tempo dalam aplikasi BSI Mobile

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alkhalifi, Ezkil Salsabila (2024) Analisis hukum Islam terhadap penetapan biaya administrasi pada saat penutupan tabungan autosave muḍᾱrabah sebelum jatuh tempo dalam aplikasi BSI Mobile. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ezkil Salsabila Alkalifi_05020220038.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ezkil Salsabila Alkalifi_05020220038_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tabungan Autosave Muḍᾱrabah merupakan jenis tabungan yang hanya terdapat pada aplikasi BSI Mobile. Tabungan Autosave berarti simpanan menggunakan mata uang rupiah yang memiliki jumlah setoran tetap dan fitur transfer terjadwal, sebagaimana yang telah disetujui nasabah pada saat hendak melakukan pembukaan tabungan. Dalam penelitian ini, penulis membahas mengenai bagaimana praktik pada tabungan Autosave Muḍᾱrabah, serta bagaimana analisis hukum Islam terhadap penetapan biaya administrasi saat penutupan tabungan Autosave Muḍᾱrabah sebelum jatuh tempo pada Aplikasi BSI Mobile. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui wawancara oleh pihak terkait yaitu Regional Business Control, Consumer Banking Relation Manager, dan Live Chat Aisyah. Adapun Teknik dokumentasi yang dilakukan pada sumber data berupa e-form dan sumber data penunjang lainnya. Selanjutnya, data di analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan dalam tiap kalimatnya melalui pola pikir deduktif dengan menyebutkan teori-teori dalam akad tabungan autosave muḍᾱrabah yang ditinjau dalam hukum Islam guna menganalisis transaksi yang terjadi di Aplikasi Bank Syariah Indonesia Mobile. Hasil analisis menunjukkan bahwa tabungan autosave muḍᾱrabah dalam aplikasi BSI Mobile merupakan produk tabungan yang menggunakan akad muḍᾱrabah yang hanya tersedia dalam BSI Mobile. Dalam praktiknya, terdapat penetapan biaya admin pada penutupan tabungan autosave Muḍᾱrabah sebelum jatuh tempo sebesar Rp 25.000 yang dipotong langsung dari dana yang diperoleh. Sehingga dapat mengurangi modal dari muḍᾱrabah tersebut. Oleh karena itu, penetapan biaya administrasi sebelum jatuh tempo saat penutupan tabungan autosave muḍᾱrabah dinilai tidak sesuai dengan prinsip muḍᾱrabah. Simpulan dari analisa tersebut bahwa, praktik penetapan biaya admin perlu dievaluasi lebih lanjut agar sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam dan tidak merugikan pihak-pihak yang terlibat. Disarankan, Bank Syariah Indonesia dapat meninjau kembali kebijakan mereka dalam menetapkan biaya admin pada penutupan tabungan Autosave Muḍᾱrabah sebelum jatuh tempo, guna memastikan kepatuhan terhadap nilai-nilai ekonomi Islam, serta meningkatkan transparansi dan keadilan dalam transaksi keuangan berbasis Muḍᾱrabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alkhalifi, Ezkil Salsabilaezkilsalsabila@gmail.com05020220038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyati, Dimyatidimyati@uinsby.ac.id2026087702
Subjects: Administrasi
Bank Islam
Mudarabah
Keywords: Autosave muḍᾱrabah; aplikasi BSI mobile
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ezkil Salsabila Alkhalifi
Date Deposited: 04 Apr 2024 05:07
Last Modified: 04 Apr 2024 05:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69531

Actions (login required)

View Item View Item