Analisis penerapan kredit usaha rakyat (KUR) dengan menggunakan akad murabahah dalam uapaya pengembangan usaha di BSI KCP Gresik Kota Baru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Farichatus (2024) Analisis penerapan kredit usaha rakyat (KUR) dengan menggunakan akad murabahah dalam uapaya pengembangan usaha di BSI KCP Gresik Kota Baru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farichatus Sholikhah_G74219095.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Farichatus Sholikhah_G74219095_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Penerapan Kredit Usaha Rakyat Dengan Menggunakan Akad Murabahah Dalam Upaya Pengembangan Usaha di BSI KCP Gresik Kota Baru” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kredit Usaha Rakyat dalam Upaya pengembangan usaha di BSI KCP Gresik Kota Baru dengan menggunakan akad Murabahah. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini sumber data yang didapatkan melalui proses wawancara dengan beberapa pihak BSI KCP Gresik Kota Baru dan nasabah yang telah menerima pembiayaan KUR di BSI KCP Gresik Kota Baru, Hasil penelitian implementasi akad murabahah pada pembiayaan KUR di BSI KCP Gresik Kota Baru yang pertama menggunakan akad wakalah yang mana nasabah sudah membuat daftar rencana pembiayaan, dan pihak bank dapat mewakilkan nasabah untuk membeli barang yang sesuai dengan daftar rencana pembiayaan selanjutnya dengan menggunakan akad murabahah yang mana nasabah harus menyetorkan bukti nota pembelian, kwintasi dan dokumentasi barang yang sudah dibeli. Pelaksanaan akad murabahah bil wakalah dikatakan sah, ketika pembelian barang dilakukan dengan akad wakalah antara pihak bank telah kepada nasabah, kemudian pembiayaan dengan akad murabahah dapat dilaksanakan. Dalam praktiknya, sesuai dengan Fatwa DSN MUI No 4 Tahun 2000 yaitu pihak nasabah yang dijadikan wakil dari pembelian barang, dapat membelikan barang-barang sesuai dengan perjanjian. Dalam pengajuan KUR nasabah bisa memulai mendaftar, pengisian form dan persyaratan, pihak bank menganalisa menggunakan 5C+1S, proses survei, tahap analisis pembiayaan, Pemberian keputusan, pencairan dan tahap monitoring disertai pertimbangan kaidah syariah. Pemberian pembiayaan KUR menggunakan akad murabahah memberikan pengaruh terhadap pengembangan usaha dari segi modal usaha, omset, pendapatan, jumlah produk serta perluasan lokasi tempat usaha. Saran yang bersesuaiain dengan hasil penelitian ini diharapkan kepada bank BSI KCP Gresik Kota Baru dapat mempertahankan dalam hal penerapan pemberian pembiayaan sesuai dengan ketentuan syariah yakni dalam pemberian modal usaha, tidak hanya memberikan modal usaha tetapi juga memberikan cara menggunakan modal secara efektif agar tak ada penyalahgunaan pembiayaan modal usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Farichatusfarichatussolikhah@gmail.comG74219095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPratikto, Muhammad Iqbal Suryam.iqbal@uinsby.ac.id2016039101
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Murabahah; Kredit Usaha Rakyat; pengembangan usaha; BSI KCP Gresik Kota Baru
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sholikhah Farichatus
Date Deposited: 04 Apr 2024 05:11
Last Modified: 04 Apr 2024 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69537

Actions (login required)

View Item View Item