Tata kelola sektor informal kawasan wisata religi Sunan Giri untuk meningkatkan pendapatan asli daerah Gresik tahun 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurrahmawati, Dita (2024) Tata kelola sektor informal kawasan wisata religi Sunan Giri untuk meningkatkan pendapatan asli daerah Gresik tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Nurrahmawati_10020120037 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dita Nurrahmawati_10020120037 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengkaji lebih detail mengenai tata kelola yang dilakukan pemerintah dalam mengelola sektor informal di kawasan wisata khususnya di kawasan wisata religi Sunan Giri Gresik yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Gresik khususnya tahun 2022. Saat ini, sektor informal di wisata Religi Sunan Giri menawarkan prospek pengembangan yang besar di Indonesia karena dapat membuat lapangan kerja baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tata kelola sektor informal di kawasan wisata religi Sunan Giri sebagai upaya dalam meningkatkan PAD Kabupaten Gresik tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara kepada pihak terkait yang secara langsung mengelola wisata religi Sunan Giri. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini berupa tata kelola sector informal kawasan wisata religi Sunan Giri dan kontribusi wisata religi Sunan Giri terhadap peningkatan PAD Gresik yang berasal dari pajak retribusi pengunjung, penghasilan dari ponten dan stand di pasar wisata religi Sunan Giri. Dari temuan yang didapatkan saat penelitian dapat disimpulkan bahwasannya tata kelola sekyor informal di kawasan wisata religi Sunan Giri tertata dengan baik yang menjadikan wisata religi Sunan Giri dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD Kabupaten Gresik tahun 2022.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurrahmawati, Ditadtnrrhm@gmail.com10020120037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Kebijakan Publik
Keywords: Tata Kelola; Sektor Informal; Pendapatan Asli Daerah.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: dita nurrahmawati
Date Deposited: 05 Apr 2024 05:18
Last Modified: 05 Apr 2024 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69550

Actions (login required)

View Item View Item