Pengaruh pola asuh orang tua terhadap aspek perkembangan agama dan moral anak di TK Unggulan an-Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islami, Maulidia Khasanah Ali (2023) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap aspek perkembangan agama dan moral anak di TK Unggulan an-Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidia Khasanah Ali Islami_D99219050 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Maulidia Khasanah Ali Islami_D99219050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena ketertarikan penulis terhadap beragamnya pada kondisi perkembangan agama dan moral anak di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Beragamnya perkembangan agama dan moral anak tidak lepas dari pengaruh pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anaknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan agama dan moral anak di TK Unggulan An-Nur Surabaya?”. Tujuan dari penelitian ini yaitu “Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap aspek perkembangan agama dan moral anak di TK Unggulan An-Nur Surabaya”. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua dan peserta didik di TK Unggulan An-Nur Surabaya, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang tua dan peserta didik kelompok B TK Unggulan An-Nur Surabaya. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu; (1) uji normalitas; (2) uji linieritas; (3) uji hipotesis (regresi linier sederhana). Berdasarkan hasil analisis dan paparan data tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap aspek perkembangan agama dan moral anak di TK Unggulan An-Nur Surabaya dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua yang demokratis terhadap aspek perkembangan agama dan moral anak di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Hal ini dikarenakan mayoritas orang tua yang sibuk berkerja sehingga kurang terjalinnya komunikasi antara orang tua dengan anak. sedangkan berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana ditunjukkan dengan perolehan nilai thitung < ttabel yaitu -1,524 < 2,032. Selain itu, berdasarkan nilai signifikansi juga diperoleh hasil sig.(2-tailed) sebesar 0,137, dimana sig.(2-tailed) 0,137 > nilai probability 0,05. Hasil pengujian diperkuat berdasarkan nilai determinasinya (R Square) dimana besarnya yakni 0,064, yang artinya pola asuh demokratis hanya 6,4% dapat mempengaruhi perkembangan agama dan moral anak. selebihnya 93,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islami, Maulidia Khasanah Alimaulidiakhasanahaliislami@gmail.comD99219050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Agama
Perilaku
Orang tua dan Anak
Keywords: Pola asuh; perkembangan Agama dan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Maulidia Khasanah Ali Islami
Date Deposited: 16 Apr 2024 12:33
Last Modified: 16 Apr 2024 12:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69559

Actions (login required)

View Item View Item