Fenomena sholawat dan motivasi religiositas: studi kasus pada Majlis Ta’lim Wal Maulid Nurul Huda Kebonsari Madiun perspektif Alfred Schutz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rudaina, Aden (2024) Fenomena sholawat dan motivasi religiositas: studi kasus pada Majlis Ta’lim Wal Maulid Nurul Huda Kebonsari Madiun perspektif Alfred Schutz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aden Rudaina_E01219027.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aden Rudaina_E01219027_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan Fenomena Sholawat dan Motivasi Religiositas Majlis Ta’lim Wal Maulid Nurul Huda Kebonsari Madiun, yang bertujuan untuk mengetahui motivasi dan tujuan dalam mengikuti Majlis Ta’lim Wal Maulid Nurul Huda. Topik ini menjadi menarik ketika jumlah jemaah yang semakin meningkat dibandingkan dari mejlis disekitarnya yang menjadikan majlis ini sangat mencolok. Pada beberapa majlis di daerah Madiun sendiri juga ada yang membawakan kitab maulid akan tetapi Majlis Nurul Huda yg dituju dan diminati apa yang sebenarnya dicari oleh jemaah dalam mejlis ini? Data yang didapat dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang didapat dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang kemudian ditinjau dari sudut pandang fenomenologi, dengan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam hal ini fenomena sholawat dan motivasi religiositas dipahami sebagai bentuk interaksi sosial yang menciptakan realitas beragama yang unik bagi partisipan majelis tersebut. Hal tersebut akan dapat dipahami melalui bagaimana individu memberikan makna pada sholawat dan bagaimana motivasi religiositas dipicu melalui majelis taklim, Schutz dalam teori fenomenologinya memperkenalkan dua istilah motif tujuan dan motif sebab, motif tujuan agar mendapatkan ketenangan hati dan pikiran serta memiliki perasaan tenteram, nyaman sehingga menimbulkan kebahagiaan, agar terhindar dari kemaksiatan dan lebih dekat pada hal yang positif, agar semakin taat pada perintah Allah dan lebih dekat dengan Allah, agar bisa mengetahui lebih dalam tentang kitab yang dibawakan dalam Majlis Nurul Huda yaitu kitab Simthu ad-Durar. Sedangkan motif sebab, pertama motivasi religiositas jemaah mengikuti kegiatan sholawat di Majlis Nurul Huda karena ingin lebih dekat dengan para kiai, masyayikh dan menyukai ajaran pendakwah serta cara penyampaiannya. Dapat disimpulkan bahwa sebenarnya motif yang didapat sama yaitu ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat dengan agama, Tuhan dan para kiai dengan perantara mengikuti kegiatan sholawat Majlis Nurul Huda .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rudaina, Adenadenrudaina2@gmail.comE01219027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Masyarakat
Ulama
Keywords: Sholawat; fenomenologi; majelis ta lim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muhammad Aden Rudaina
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:38
Last Modified: 03 Apr 2024 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69561

Actions (login required)

View Item View Item