Analisis pengaruh penggunaan dompet digital, jumlah uang beredar dan tingkat suku bunga bank (Bi-Rate) terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 2019-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyafanaya, Shafa Naila (2024) Analisis pengaruh penggunaan dompet digital, jumlah uang beredar dan tingkat suku bunga bank (Bi-Rate) terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 2019-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shafa Naila Setyafanaya_08020120066.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Shafa Naila Setyafanaya_08020120066_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Nilai transaksi digital mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir, nilai tertinggi terjadi pada tahun 2022 mencapai Rp407,53 triliun. Hal tersebut terjadi karena dompet digital dinilai memudahkan dalam melakukan transaksi dengan berbagai penawaran seperti diskon, cashback serta keuntungan lainnya. Namun kemudahan tersebut tidak sepenuhnya baik bagi pertumbuhan ekonomi, karena dapat memicu perilaku konsumtif dan menyebabkan kenaikan harga yang berkelanjutan atau inflasi. Berdasarkan Teori Kuantitas Uang, peningkatan jumlah uang beredar memiliki keterkaitan dengan kenaikan harga. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menguji keterkaitan variabel Penggunaan Dompet Digital, Jumlah Uang Beredar dan Tingkat Suku Bunga Bank terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia pada tahun 2019-2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Laporan Bank Indonesia, serta sumber referensi lain seperti jurnal dan buku. Teknik analisis data yang diterapkan ialah regresi linear berganda dengan menggunakan data time series tahun 2019-2022 kemudian diolah menggunakan aplikasi E-Views10.Hasil penelitian menggambarkan secara parsial, penggunaan dompet digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam periode 2019-2022. Namun, jumlah uang beredar secara parsial tidak berdampak positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sementara itu, tingkat suku bunga Bank Indonesia secara parsial berdampak positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Secara simultan, penggunaan dompet digital, jumlah uang beredar, dan tingkat suku bunga Bank Indonesia berdampak positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada periode tersebut, dengan kontribusi sebesar 77,04% sementara sisa nya sebesar 22,96% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Pemerintah diharapkan untuk mempertimbangkan kembali indikator-indikator makro dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi inflasi dan laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam merumuskan kebijakan, termasuk menetapkan tingkat suku bunga Bank Indonesia karena dapat berpengaruh pada peredaran uang di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyafanaya, Shafa Nailashafanaila31@gmail.com08020120066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Hapsari Wijihapsari.wiji@uinsby.ac.id2108038604
Subjects: Ekonomi
Keywords: Pertumbuhan ekonomi; penggunaan dompet digital; jumlah uang beredar; tingkat suku bunga Bank Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Shafa Naila Setyafanaya
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:24
Last Modified: 05 Apr 2024 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69579

Actions (login required)

View Item View Item