Tasawuf sosial dalam konsep Hizmet Muhammad Fethullah Gulen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pimada, Muhammad Alfaqih (2024) Tasawuf sosial dalam konsep Hizmet Muhammad Fethullah Gulen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Alfaqih Pimada_E97217064.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Alfaqih Pimada_E97217064_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tasawuf telah menjadi warisan pengetahuan kuno yang kuat, terutama dalam konteks spiritualitas dan agama, khususnya bagi umat Muslim. Keterikatan ini mencerminkan kehadiran unsur ketuhanan dan tasawuf dalam batin manusia, yang sering tercermin dalam proses bertasawuf yang tidak disadari. Namun, dalam era kontemporer, tantangan besar muncul dalam upaya manusia untuk bersosialisasi secara harmonis, terutama dengan pengaruh agama dan budaya Barat yang telah mengubah paradigma sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Konsep Hizmet Fethullah Gulen sebagai solusi potensial untuk membimbing umat Muslim menjadi anggota masyarakat yang aktif dan bertanggung jawab. Pendekatan penelitian menggunakan metode kajian pustaka untuk menjawab permasalahan yang dihadapi, melalui analisis karya-karya Gulen dan kontribusi pakar ilmu sosial yang berupaya mendefinisikan kembali makna dari konsep Hizmet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tasawuf sosial, sebagai cabang ilmu tasawuf, menekankan pentingnya keseimbangan antara pertumbuhan spiritual individu dan keterlibatan sosial yang konstruktif. Konsep Hizmet Gulen diintegrasikan dengan pendidikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan moral dan memberikan kontribusi positif dalam pembentukan masyarakat yang beradab. Kesimpulannya, konsep Hizmet Gulen menawarkan pandangan yang komprehensif dan terkini tentang pentingnya tasawuf sosial dalam mempromosikan kesejahteraan sosial dan hubungan yang harmonis dengan Tuhan dan sesama manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pimada, Muhammad Alfaqihalfaqih52@gmail.comE97217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorghozi, ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Tasawuf
Ulama
Spiritualisme
Keywords: Fethullah Gulen; Hizmet; tasawuf sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mr Muhammad Alfaqih Pimada
Date Deposited: 16 Apr 2024 06:53
Last Modified: 16 Apr 2024 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69582

Actions (login required)

View Item View Item