Pengaruh pengetahuan investasi dan literasi keuangan terhadap minat investasi dengan kemudahan teknologi sebagai variabel moderasi: studi pada mahasiswa FEBI UIN sunan ampel surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Surya, Aditya Baskara (2023) Pengaruh pengetahuan investasi dan literasi keuangan terhadap minat investasi dengan kemudahan teknologi sebagai variabel moderasi: studi pada mahasiswa FEBI UIN sunan ampel surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Suraya.

[img] Text
Aditya Baskara Surya_G72219039 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aditya Baskara Surya_G72219039 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Minat investasi merupakan salah satu topik yang menarik dan relevan untuk diteliti karena pertumbuhan jumlah investor yang meningkat secara nasional, terlebih pada masa pandemi. Dengan mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi minat investasi, dapat digunakan untuk menganalisis fenomena yang terjadi mengenai kenaikan jumlah investor secara pesat.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan investasi dan literasi keuangan terhadap minat investasi dengan kemudahan teknologi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 79, yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data panel yang diolah menggunakan software SPSS 23, serta menggunakan analisis regresi berganda.Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan berpengaruh terhadap minat investasi, dan kemudahan teknologi mampu memperkuat hubungan antara pengetahuan investasi dan literasi keuangan terhadap minat investasi, sedangkan pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak prodi, fakultas, dan galeri investasi syariah agar dapat mengakomodasi forum belajar yang lebih rutin dan terjadwal. Selain itu, diharapkan metode pembelajaran yang lebih bersifat pratikum agar semakin menarik rasa minat mahasiswa untuk berinvestasi. Serta diharapkan mahasiswa dapat mengikuti forum belajar yang tersedia agar menambah wawasan mengenai investasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Surya, Aditya Baskaraaditbasurya@gmail.comG72219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma@uinsby.ac.id--
Subjects: Investasi
Keywords: Kemudahan Teknologi; Pengetahuan Investasi; Literasi Keuangan; Minat Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Aditya Surya
Date Deposited: 15 Apr 2024 10:04
Last Modified: 15 Apr 2024 10:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69588

Actions (login required)

View Item View Item