Pelaksanaan konseling kognitif melalui terapi al-Qur’an surah al-Insyirah dalam mengatasi stres pada individu broken home di Desa Gedangan, Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqah, Shabrotur (2024) Pelaksanaan konseling kognitif melalui terapi al-Qur’an surah al-Insyirah dalam mengatasi stres pada individu broken home di Desa Gedangan, Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shabrotur Rizqah_04020320056 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Shabrotur Rizqah_04020320056 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) mengetahui proses pelaksanaan konseling kognitif melalui terapi al-Qur’an surah al-Insyirah untuk mengatasi stres pada individu broken home di Desa Gedangan, Gresik; 2) mengetahui hasil konseling kognitif melalui terapi al-Qur’an surah al-Insyirah untuk mengatasi stres pada individu broken home di Desa Gedangan, Gresik. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun objek penelitiannya adalah anak yang mengalami broken home. Lokasi yang diteliti adalah Desa Gedangan, Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yaitu menggunakan teknik deskriptif-komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses konseling dimulai dari tahap membangun hubungan yang baik serta identifikasi masalah. Selanjutnya, konselor mengumpulkan kekhawatiran dan pemikiran-pemikiran negatif konseli. Lalu, konselor mulai mengombinasikan teknik kognitif dengan terapi surah al-Insyirah. Terakhir merupakan proses penguatan dan pemahaman terhadap materi dan setiap hasil dari proses konseling; 2) Konseling kognitif melalui terapi al-Qur’an surah al-Insyirah untuk mengatasi stres pada individu broken home, dapat dikategorikan berhasil dan cukup menghasilkan perubahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqah, Shabroturshabroturrizqah17@gmail.com04020320056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil--2015066501
Subjects: Bimbingan Konseling
Broken Home
Al Qur'an
Keywords: Konseling Kognitif; Terapi al-Qur’an surah alInsyirah; Stres; Broken Home
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Shabrotur Rizqah
Date Deposited: 07 Apr 2024 13:09
Last Modified: 07 Apr 2024 13:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69596

Actions (login required)

View Item View Item