Analisis makna laba dan penentuan laba: studi kasus Pedagang Kaki Lima di belakang Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriani, Dian Retno (2024) Analisis makna laba dan penentuan laba: studi kasus Pedagang Kaki Lima di belakang Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Retno Indriani_08040220113 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dian Retno Indriani_08040220113 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Makna laba dan penentuan laba merupakan salah satu topik yang menarik dan relevan untuk diteliti karena menjadi indikator penting bagi PKL. Dengan laba bisa meningkatkan nilai investasi pemiliknya. Sedangkan keuntungan adalah pendapatan yang didapat dari transaksi yang terkait dengan bisnis atau usahanya, misalnya seperti penjualan aset tetap, apresiasi nilai aset dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Makna Laba dan Penentuan Laba (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima di Belakang Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya). Melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana para pedagang kaki lima dalam memahami makna laba dan bagaimana cara menentukan laba dalam praktik sehari-hari mereka. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder yang dimana data primer merupakan data yang diambil langsung dari PKL yang berhubungan dengan penelitian ini, sedangkan data sekunder merupakan data yang didapatkan dari penelitian terdahulu dan literatur yang relevan dengan subjek penelitian ini. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna laba dan penentuan laba menurut PKL secara garis besar serupa, meskipun dengan variasi bahasa yang berbeda. Dalam prespektif PKL, makna laba tidak sebagai sebuah keuntungan secara materi, melainkan sebagai non materi seperti kepuasan batin dan keberkahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sedangkan penentuan laba dalam prespektif PKL masih menunjukkan rendahnya kesadaran akan pentingnya pencatatan akuntansi, dengan mayoritas pedagang memiliki keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti berharap dapat terjalin kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk merancang program pembinaan dan pelatihan akuntansi bagi para pedagang. Program ini dapat melibatkan mahasiswa akuntansi untuk berperan aktif sebagai fasilitator, baik dalam bentuk workshop, pelatihan, maupun pendampingan langsung. Hal ini dapat membantu mereka memahami pentingnya pencatatan akuntansi dalam mengelola bisnis mereka dengan lebih efisien dan meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya menentukan laba secara akurat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriani, Dian Retnodianree09@gmail.com08040220113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, ImamIbe@uinsby.ac.id2026096801
Subjects: Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Keuangan
Keywords: Pedagang Kaki Lima; makna laba; penentuan laba
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Dian Retno Indriani
Date Deposited: 16 Apr 2024 08:19
Last Modified: 16 Apr 2024 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69597

Actions (login required)

View Item View Item