Analisis Flypaper Effect pada pengaruh dana alokasi umum dan pendapatan asli daerah terhadap belanja daerah di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2016-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakaria, Rizki Ali (2024) Analisis Flypaper Effect pada pengaruh dana alokasi umum dan pendapatan asli daerah terhadap belanja daerah di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2016-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Ali Zakaria_08030120072 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rizki Ali Zakaria_08030120072 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pada pelaksanaan kewajibannya, pemerintah pusat akan memberikan dana transfer ke pemerintah daerah. Akan tetapi, hal ini menjadikan banyak pemerintah daerah yang terlalu bergantung kepada pemerintah pusat dalam hal dana transfer. Oleh karena itu, skripsi yang berjudul “Analisis Flypaper Effect pada Pengaruh Dana Alokasi Umum, Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah di Kabupaten atau kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2016-2022” ini memiliki tujuan yakni ingin mengetahui apakah pemerintahan di kabupaten atau kota Provini Jawa Timur dapat mandiri dalam melakukan belanja daerah atau masih bergantung kepada pemerintah pusat. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif deskriptif. Yang dimana jenis data yang dipakai ialah data sekunder yang kemudian dijadikan data panel. Peneliti dalam menganalisis data menggunakan analisis regresi data panel, uji koefisien determinasi (R2), uji signifikansi parsial (t-statistik), dan uji signifikansi simultan (f-statistik).Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan maka hasil dari penelitian ini adalah secara parsial variabel dana alokasi umum (X1) tidak berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan negatif terhadap belanja daerah (Y). Serta variabel pendapatan asli daerah (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap belanja daerah (Y). Sedangkan secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Kemudian pada uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 97,9% variabel independen dapat menjelelaskan variabel dependen. Kemudian sesuai hasil penelitian bahwa pemerintah Kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur tidak terkena fenomena Flypaper Effect. Hal ini ditunjukkan bahwa koefisien DAU lebih kecil daripada koefisien PAD.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan agar terus memaksimalkan pendapatan asli daerahnya, agar provinsi jawa timur akan terus menjadi provinsi yang mandiri, tanpa bergantung banyak dari dana transfer pemerintah pusat dalam membiayai belanja dan segala kegiatan operasionalnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakaria, Rizki Alirizkializ14@gmail.com08030120072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nuruln.lathifah@uinsa.ac.id0728058901
Subjects: Keuangan > Dana Bantuan
Ekonomi
Keuangan
Keywords: flypaper effect; dana alokasi umum; pendapatan asli daerah; belanja daerah; Provinsi Jawa Timur
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Rizki Ali Zakaria
Date Deposited: 07 Apr 2024 13:56
Last Modified: 07 Apr 2024 13:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69604

Actions (login required)

View Item View Item