Eksistensi emas sebagai alternatif investasi di era pasca pandemi: studi logam mulia Dinar Khoirur Rooziqiin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Shafira (2023) Eksistensi emas sebagai alternatif investasi di era pasca pandemi: studi logam mulia Dinar Khoirur Rooziqiin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shafira Nur_G04219072 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Shafira Nur_G04219072 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Dalam skripsi ini terdapat dua tujuan: 1. Untuk mengetahui eksistensi logam mulia Dinar Khoirur Rooziqiin, 2.Mengetahui logam mulia Dinar Khoirur Rooziqiin dapat dijadikan sebagai alternatif investasi di era pasca pandemi. Adapun jenis penelitian yang digunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara yang dilakukan pada mitra jual beli Dinar Koirur Rooziqiin yang telah berjualan selama lebih dari satu tahun dan masih aktif berjualan hingga saat ini dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan validitas data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi Dinar Khoirur Rooziqiin di tengah komunitasnya telah eksis sejak berdirinya pada tahun 2020 hingga tahun 2023 dengan memiliki konsumen sebanyak 483 Wakil Resmi (WR) dan 7.883 Sobat Bisnis Magnet Rezeki (SBMR) yang tersebar di Indonesia dan beberapa negara di Asia. Dinar Khoirur Rooziqiin memiliki daya tarik tersendiri bagi investor karena memiliki berbagai keunggulan antara lain ketahanan terhadap inflasi, kemampuan sebagai alat simpan jangka panjang dalam kurun waktu 5-10 tahun sehingga berpeluang mendapat keuntung apabila dijual kembali, sifat universal dengan nilai yang stabil di setiap negara, memiliki desain ukiran berisi kaligrafi dzikir dan doa yang bermakna spiritual, selisih spread yang rendah, dan memiliki kemurnian 24 karat, bersifat lebih likuid dibandingkan dengan emas perhiasan adapun kelemahan dalam produk Dinar KR yaitu ongkos kirim yang mahal dan minimnya pengetahuan masyarakat mengenai Dinar KR. Dinar KR bisa menjadi alternatif investasi yang aman, sesuai prinsip syariah, dan memiliki potensi keuntungan jangka panjang di era pasca pandemi hingga kedepannya. Adapun saran yang diberikan kepada calon investor sebaiknya memilih alat investasi yang dirasa cukup aman dan dapat memberi keuntungan dengan menambah wawasan mengenai eksistensi dinar melalui perkembangan harga, keunggulan, dan peluang dinar. Bagi pihak komunitas Dinar Khoirur Rooziqiin, lebih intens lagi untuk memberikan pengetahuan dan sosialisasi kepada masyarakat yang belum mengetahui tentang dinar guna menambah konsumen. Pada penelitian selanjutnya peneliti menambahkan saran untuk lebih memperbanyak hal yang membahas terkait logam mulia dinar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Shafirashaafiraa.nr@gmail.comG04219072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id2024018703
Subjects: Ekonomi Islam
Investasi
Jual Beli
Keywords: Investasi emas; eksistensi; keputusan investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shafira Nur
Date Deposited: 02 May 2024 02:56
Last Modified: 02 May 2024 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69609

Actions (login required)

View Item View Item