Fenomena game online Genshin Impact: studi pada perilaku sosial bagi remaja di Pacar Kembang Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyadhana, Camelia Rashedah (2024) Fenomena game online Genshin Impact: studi pada perilaku sosial bagi remaja di Pacar Kembang Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Camelia Rashedah Widyadhana_10040320083 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Camelia Rashedah Widyadhana_10040320083 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis perilaku sosial pada remaja yang sedang bermain game online Genshin Impact. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pencarian data secara purposive sampling dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian menggunakan tringulasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, yakni faktor yang menyebabkan remaja sering bermain game online Genshin Impact disebabkan oleh adanya faktor hiburan karena pada game online Genshin Impact dapat mengalihkan stress dan meningkatkan suasana hati pada remaja, faktor lingkungan karena berdasarkan hasil penelitian bahwa remaja terpengaruh untuk bermain game online Genshin Impact secara terus menerus akibat dari ajakan teman sebayanya dan remaja terpengaruh untuk bertutur kata yang kurang sopan karena pada game ini sangat menantang bagi mereka, Faktor kurangnya monitoring orang tua dapat menyebabkan remaja dapat memiliki kebebasan untuk mengakses game online Genshin Impact karena orang tua mereka disibukkan oleh pekerjaannya sehingga tidak ada waktu untuk memonitoring anaknya, Faktor tekanan sosial yang telah dialami oleh remaja di Pacar Kembang karena mereka memiliki ekspetasi sosial yang tinggi untuk memenuhi standart orang lain agar mereka diterima dilingkungan sosialnya, faktor kompetisi menjadi motivasi bagi remaja di Pacar Kembang untuk memainkan game Genshin Impact secara intensif agar mereka dapat melatih skill dalam bermain game online Genshin Impact supaya menjadi pemain yang handal. (2) bentuk-bentuk perubahan perilaku social pada remaja setelah bermain game online Genshin Impact. Terdapat dari hasil penelitian menunjukan bahwa remaja melakukan isolasi sosial seperti pembatasan hubungan sosial dengan orang lain dilingkungan sekitarnya, remaja di Pacar Kembang mengalami adanya suatu perubahan pada perilakunya seperti mereka memiliki sifat yang malas dalam melakukan kegiatan produktif sehingga remaja mengalami adanya penurunan produktifitas, remaja juga mengalami ketergantungan pada game online Genshin Impact sehingga remaja tidak bisa membagi waktunya untuk melakukan kegiatan sosial dan berinteraksi dengan orang lain, kemudian remaja yang sering bermain game online Genshin Impact akan muncul sikap individualisme tanpa memeperhatikan situasi sosial disekitarnya karena mereka fokus pada game online Genshin Impact, remaja di Pacar Kembang merasa kurangnya rasa percaya diri untuk melakukan komunikasi dengan orang lain karena mereka kurang mampu dalam mengembangkan cara berkomunikasi dengan baik sehingga mereka memilih untuk memainkan game online Genshin Impact.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyadhana, Camelia Rashedahcameliarw4@gmail.com10040320083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Muhammadmoh.shodiq@uinsa.ac.id2023047502
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Sosiologi
Teknologi
Keywords: Game online; perilaku sosial; remaja; Genshin Impact
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Camelia Rashedah Widyadhana
Date Deposited: 16 Apr 2024 05:40
Last Modified: 16 Apr 2024 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69613

Actions (login required)

View Item View Item