Fenomena fanatisme suporter sepak bola: studi kasus Persela Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Muhammad Nur Isnaini (2024) Fenomena fanatisme suporter sepak bola: studi kasus Persela Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nur Isnaini Ramadhan_I93219092 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Nur Isnaini Ramadhan_I93219092 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana fantisme suporter sepak bola dapat terbentuk dan mengapa timbul fanatisme suporter terhadap Persela Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang penyebab timbulnya fanatisme suporter sepak bola dari klub Persela Lamongan dan juga bentuk fanatisme yang dilakukan oleh suporter Persela Lamongan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada suporter Persela Lamongan adalah teori Realitas Sosial Peter L Berger dan Thomas Luckmann. Teori realitas yang menjelaskan masyarakat sebagai kenyataan objektif dan juga kenyataan subjektif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Fanatisme suporter Persela Lamongan terbentuk atas dasar rasa cinta serta lingkungan tempat mereka tinggal, faktor lain yang berpengaruh juga karena yang awalnya hanya ikut-ikutan dan sekedar hadir nonton di stadion hingga akhirnya rasa gairahnya tergugah dan merubah dirinya menjadi seorang suporter yang memberi dukungan kepada klub, bukan hanya sekedar duduk di tribun. (2) Suporter sepak bola memiliki banyak cara dalam mengungkapkan rasa fanatik dengan klub Persela Lamongan. Mulai dari membeli merchandise resmi klub, memberikan dukungan tanpa perhitungan dan juga menyampaikan evaluasi terkait performa Persela Lamongan kepada pihak tim. Selain dampak positif dari rasa fanatik yang akan selalu hadiar untuk klub dan membantu keuangan klub, fanatisme juga memiliki dampak negatif seperti melakukan aksi demo kepada pihak klub atas rasa kecewa mereka karana klub Persela Lamongan tidak tampil dengan baik dan menuntut perombakan seperti ganti pelatih, bahkan manager.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Muhammad Nur Isnainiadhonesia@gmail.comi93219092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Muhammadcakshodiq2@gmail.com2023047502
Thesis advisorEffendi, MasitahMASITAH.EFFENDI@uinsby.ac.id2017059101
Subjects: Sepak Bola
Keywords: Fanatisme; suporter sepak bola dan persela Lamongan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Muhammad Nur Isnaini Ramadhan
Date Deposited: 17 Apr 2024 04:47
Last Modified: 17 Apr 2024 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69621

Actions (login required)

View Item View Item