Strategi survival pemulung di tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang Kelurahan Ciketingudik Kota Bekasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sayidah, Risalahtus (2024) Strategi survival pemulung di tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang Kelurahan Ciketingudik Kota Bekasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risalahtus Sayidah_10040320098 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Risalahtus Sayidah_10040320098 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Strategi Survival Pemulung Di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang Kelurahan Ciketingudik Kota Bekasi. (1) Bagaimana Strategi survival yang dilakukan para pemulung di TPST Bantargebang, Kelurahan Cikiwul, Kota Bekasi, (2) Apa faktor yang mempengaruhi tetap bekerja sebagai pemulung di TPST Bantargebang, Kelurahan Cikiwul, Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Dimana penelitian ini mendeskripsikan hasil penelitian lapangan dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokementasi. Teori yang digunakan dalam melihat dari pendekatan fenomena sosial adalah teori Mekanisme Survival James Scott menjelaskan cara yang bisa dilakukan masyarakat miskin untuk bertahan hidup pertama, dengan mengurangi pengeluaran untuk pangan, kedua, menggunakan sumber daya di dalam rumah untuk pencari nafkah tambahan, ketiga, meminta bantuan oleh jaringan sosial seperti sanak saudara atau memanfaatkan hubungan dengan perlindungan. Dari hasil penelitian dilapangan pemulung menerapkan tiga strategi dalam bertahan hidup diantaranya menerapkan strategi aktif dengan cara memanfaatkan potensi keluarga, dan menerapkan strategi pasif dengan cara menerapkan hidup hemat dalam keluarga serta strategi jaringan dengan cara menjalin relasi atau hubungan baik dengan kerabat atau relasi formal lainnya. Faktor yang mempengaruhi para pemulung tetap bertahan bekerja sebagai pemulung adalah faktor Pendidikan, faktor kemampuan dan keterbatasan fisik. Para pemulung memilih tetap bekerja menjadi seorang pemulung karena pekerjaan tersebut tidak membutuhkan modal ataupun keterampilan, jika bekerja di sektor formal memerlukan keterampilan dan terdapat syarat-syarat seperti ketentuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sayidah, Risalahtusrisalahtussayidah@gmail.com10040320098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id2002087005
Subjects: Sosiologi
Keywords: Strategi Survival; Pemulung; Tpst Bantargebang.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: risalahtus sayidah risa
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:09
Last Modified: 10 Jun 2024 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69622

Actions (login required)

View Item View Item