Analisis komparasi model Altman Z-Score, Springate, Zmijewski, Ohlson dan Grover dalam memprediksi kondisi Financial Distress

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Rosa (2024) Analisis komparasi model Altman Z-Score, Springate, Zmijewski, Ohlson dan Grover dalam memprediksi kondisi Financial Distress. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosa Amelia_08020220087 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rosa Amelia_08020220087 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengomparasikan perbedaan tingkat akurasi dari lima model prediksi financial distress yaitu model Altman, Springate, Zmijewski, Ohlson dan Grover pada perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang pailit atau yang akan pailit selama lima tahun sebelum pengajuan pailit. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang pailit atau yang akan pailit selama lima tahun sebelum pengajuan pailit. Total populasi dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan dengan sampel sebanyak 6 perusahaan yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan perhitungan dari kelima model prediksi financial distress. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model prediksi financial distress dengan tingkat akurasi paling tinggi untuk perusahaan yang pailit di Bursa Efek Indonesia adalah model Springate, dengan tingkat akurasi sebesar 93%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Rosarosaameliaa157@gmail.com08020220087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id2028088702
Subjects: Akuntansi
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Manajemen
Keuangan
Keywords: Financial Distress; Altman Z-Score; Springate; Zmijewski; Ohlson; Grover
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Rosa Amelia
Date Deposited: 16 Apr 2024 11:48
Last Modified: 16 Apr 2024 11:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69649

Actions (login required)

View Item View Item