Pengembangan media ajar pai melalui video virtual reality (vr) tour pada materi walisongo di MTS Alif Laam Miim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diba, Icha Fara (2022) Pengembangan media ajar pai melalui video virtual reality (vr) tour pada materi walisongo di MTS Alif Laam Miim Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Icha Fara Diba_02040820026 OK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Icha Fara Diba_02040820026 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (5MB)

Abstract

Kemajuan teknologi tidak dapat dipisahkan oleh Pendidikan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dalam proses belajar mengajar. Penggunaan teknologi menjadi salah satu alternatif agar materi dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Namun, fenomena yang terjadi adalah dengan media yang ada peserta didik merasa bosan, media kurang menarik dan video yang ditemukan terkait materi Walisongo terlalu panjang serta monoton. Sehingga peneliti memiliki inovasi mengembangkan video virtual reality pada materi Walisongo yang dirumuskan pada penelitian diantaranya (1) bagaimana tahapan pengembangan produk media ajar melalui video virtual tour 360 derajat dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Walisong. (2) bagaimana kelayakan produk media video virtual tour pada materi Walisongo di MTs Alif Laam Miim Surabaya. Metode penelitian pengembangan menggunakan Borg and Gall pada level III dengan melalui beberapa tahap diantaranya: penelitian terhadap produk yang telah ada, studi literatur, penelitian lapangan, perencanaan desain, pengujian internal, revisi desain, pembuatan produk uji coba produk, revisi produk dan uji coba skala besar. Hasil penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk yang sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah dilakukan berdasarkan metode RnD level 3 (2) hasil kelayakan yang diperoleh dengan menggunakan media video virtual reality tour melalui uji klayakan skala besar dengan hasil 3,27 dalam kategori layak digunakan. Saran pada penelitian ini selanjutnya yaitu melakukan uji efektifitas terhadap media ajar video virtual reaity tour diharapkan agar dapat menyempurnakan pada tulisan ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diba, Icha Faraichafadiba31@gmail.com02040820026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Indonesia
Pendidikan > Media
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pengembangan; Media Ajar; Pendidikan Agama Islam; Video Virtual Reality Tour; Walisongo
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: icha fara diba
Date Deposited: 05 Apr 2024 06:53
Last Modified: 05 Apr 2024 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69652

Actions (login required)

View Item View Item