Efektivitas model pembelajaran probing prompting berbantuan media video pada pembelajaran IPA materi jaringan pada hewan dan tumbuhan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Rohil Lila (2024) Efektivitas model pembelajaran probing prompting berbantuan media video pada pembelajaran IPA materi jaringan pada hewan dan tumbuhan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohil Lila Rohman_06041020033 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2027.

Download (10MB)
[img] Text
Rohil Lila Rohman_06041020033.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas VII di MTs Darul Hikmah Prasung. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran konvensional yang masih bersifat berpusat pada guru, guru masih menggunakan media tradisional seperti materi cetak dalam mengajar dan kegiatan pembelajaran di sekolah masih berpusat pada guru (teacher center) dengan menggunakan metode ceramah sebagai pemberi informasi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan materi pembelajaran digital seperti video, animasi, presentasi, dan multimedia interaktif lainnya. Sehingga menjadi salah satu rendahnya keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran probing prompting berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis materi jaringan pada hewan dan tumbuhan kelas VII di MTs Darul Hikmah Prasung. Penelitian ini control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Darul Hikmah Prasung tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian merupakan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji mann whitney, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model probing prompting berbantuan video yang dilakukan peserta didik dapat dikatakan efektif dengan skor rata-rata yang diperoleh berada pada presentase 61-100%. Selain itu, hasil penelitian ini membahas terkait nilai rata-rata yang dimana hasil post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 79,69 dibandingkan kelas kontrol sebesar 58,15. Sedangkan N-Gain score pada kelas eksperimen lebih besar sebesar 0,29430 sementara pada kelas kontrol sebesar 0,11292. Hasil angket respon peserta didik pada moel pembelajaran probing prompting memiliki respon sangat baik dan positif dengan nilai rata-rata presentase 92,57%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Rohil Lilarohmanrohillila@gmail.com06041020033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunitaainunjariyah@gmail.com0705128601
Subjects: Biologi
Pendidikan
Pendidikan > Teknik Probing Prompting
Keywords: Model pembelajaran probing prompting; keterampilan berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Rohil Lila Rohman
Date Deposited: 17 Apr 2024 06:36
Last Modified: 17 Apr 2024 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69661

Actions (login required)

View Item View Item