Konstruksi sosial terhadap mahar dan peningset di Desa Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dalam perspektif hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falah, Muhammad Roudlotul (2023) Konstruksi sosial terhadap mahar dan peningset di Desa Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dalam perspektif hukum Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Roudlotul Falah_C91219135 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Roudlotul Falah_C91219135.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab tentang: Bagaimana latar belakang kebiasaan masyarakat Desa Drajat dalam memenuhi mahar dan Peningset dan Bagaimana konstruksi mahar dan peningset di Desa Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data yang sudah ada kemudian mendeskripsikannya dengan keadaan yang sesuai peristiwa yang terjadi dilapangan lalu menganalisisnya sampai ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bedasarkan analisis data yang telah dipaparkan diatas latar belakang masyarakat Desa Drajat melakukan kegiatan tradisi peningset yang dapat dikategorikan dalam beberapa hal: faktor adat istiadat dengan diperkuat adanya kesakralan, faktor legitimasi agama yang disampaikan oleh Raden Qosim Sunan Drajat, dan faktor sosial, bedasarkan hasil analisis data yang telah peneliti lakukan, prespektif hukum islam terhadap tradisi peningset yang dilakukan oleh masyarakat Desa Drajat tergantung aktifitas atau perbuatan yang terjadi dalam acara rangkaian tersebut. Tradisi Peningset haram hukumnya dilakukan bila tradisi peningset dianggap wajib dan melakukannya dengan memaksakan kehendak ekonomi dan hukum nya diperbolehkan, karena tradisi peningset adalah tardisi yang memiliki banyak ma’na yang bertujuan kedermawanan, mendatangkan rizki dan keberkahan. Symbol kemakmuran bagi keluarga mempelai pria demi menjalankan bahtera rumah tangga yang Sakinah, Mawaddah, Waromah. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka di harapkan adanya peran dari seluruh masyarakat untuk memberi dukungan moral maupun spiritual dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan yang beragam dimasyarakat. serta dinas terkait bisa menulis dan mengarsipkan keunikan tradisi peningset.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falah, Muhammad Roudlotulfalahdrajat31@gmail.comC91219135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSabri, Fahruddin Alididin021@gmail.com197804182008011016
Subjects: Hukum Islam
Hukum Adat
Maskawin
Keywords: Konstruksi sosial; mahar dan peningset; hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muhammad Roudlotul Falah
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:03
Last Modified: 22 Apr 2024 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69677

Actions (login required)

View Item View Item