This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Syahrin, Rania Alfi (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan LAPS Heuristik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA pada konsep getaran di SMP Negeri 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Rania Alfi Syahrin_06021020020 Ok.pdf Download (551kB) |
|
Text
Rania Alfi Syahrin_06021020020 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 April 2027. Download (7MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah yang rendah pada mata pelajaran IPA khususnya materi getaran salah satunya disebabkan oleh pembelajaran yang belum maksimal serta kurang menggunakan inovasi media dan model pembelajaran. Perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, oleh karena itu dikembangkan media pembelajaran interaktif bermuatan LAPS Heuristik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media interaktif bermuatan LAPS Heursitik yang berdasar pada syarat pengembangan yakni kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Populasi untuk uji coba produk dalam penelitian ini yakni peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Surabaya. Teknik Simple Random Sampling dipilih sebagai penentuan sampel penelitian dan diperoleh kelas VIII E dengan total 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan teknik analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai untuk kelayakan materi sebesar 94 dan nilai untuk kelayakan media sebesar 92 yang berarti media interaktif bermuatan LAPS Heuristik dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi dan media. Kepraktisan media interaktif bermuatan LAPS Heuristik secara teori yang dinilai oleh praktisi pendidikan mendapat nilai sebesar 98 yang berarti media memiliki kriteria “sangat praktis”. Kemudian kepraktisan secara praktik yang dilihat dari hasil rata-rata angket respon peserta didik mendapat nilai sebesar 86,5 yang dinyatakan “sangat praktis”. Keefektifan media dilihat berdasarkan nilai Pretest dan Posttest kemampuan pemecahan masalah yang menunjukkan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,71 dan tergolong peningkatan dengan kategori tinggi dan berarti media interaktif bermuatan LAPS Heuristik dinyatakan “sangat efektif”. Sehingga secara keseluruhan disimpulkan bahwa media interaktif bermuatan LAPS Heuristik layak dan praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Fisika Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Tes Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; media interaktif; Logan Avenu Problem Solving Heuristik (LAPS Heuristik); kemampuan pemecahan masalah; materi getaran | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Rania Alfi Syahrin | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2024 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Apr 2024 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69683 |
Actions (login required)
View Item |