Pengembangan e-modul interaktif berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi tekanan zat dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Istighfarotul Mayang (2024) Pengembangan e-modul interaktif berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi tekanan zat dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Istighfarotul Mayang Putri_06041020028 OK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
Istighfarotul Mayang Putri_06041020028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini didasari oleh pentingnya keterampilan berpikir kritis untuk memenuhi tuntutan pembelajaran abad 21. Pembelajaran abad 21 juga harus mengkolaborasikan pembelajaran dengan teknologi. Namun, pada kenyataannya keterampilan berpikir kritis siswa masih belum dilatihkan. Sebagaimana hasil studi awal di MTs Darul Hikmah Prasung keterampilan berpikir kritis siswa tergolong dalam kategori rendah. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan juga belum bervariasi. Oleh karena itu perlu adanya variasi media pembelajaran seperti halnya e-modul interaktif berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) validitas, (2) efektivitas, dan (3) kepraktisan e-modul interaktif berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Media diuji dengan validitas konstruk. Untuk mengetahui efektivitas e-modul interaktif berbasis masalah diujicobakan pada uji coba skala kecil sebanyak 5 siswa dan uji coba skala besar sebanyak 19 siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Prasung, dan dianalisis menggunakan paired sample t-test. Hasil pengembangan berupa e-modul interaktif berbasis masalah dinyatakan dalam kategori “sangat valid” berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan validasi soal keterampilan berpikir kritis dengan persentase rata-rata validasi media sebesar 97% dan validasi materi 82% dan validasi soal keterampilan berpikir kritis sebesar 94%. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig 2.tailed 0,000 yang berarti terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Hasil uji n-gain memperoleh nilai > 0,3 dengan kategori sedang, sehingga e-modul interaktif berbasis masalah efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Uji kepraktisan e-modul interaktif berbasis masalah dinyatakan “sangat praktis” dengan persentase rata-rata 93% pada uji skala kecil dan 95% pada uji skala besar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Istighfarotul Mayangistighfarotulputri170@gmail.com06041020028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsby.ac.id2020068902
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Fisika
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan
Keywords: E-Modul Interaktif Berbasis Masalah; Keterampilan Berpikir Kritis; Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Istighfarotul Mayang Putri
Date Deposited: 19 Apr 2024 08:45
Last Modified: 19 Apr 2024 08:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69688

Actions (login required)

View Item View Item