Gerakan ekonomi hijau akun instagram Bumijo pada industri rumah tangga dalam perspektif fikih lingkungan (fiqh bi’ah)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofiyah, Sofiyah (2023) Gerakan ekonomi hijau akun instagram Bumijo pada industri rumah tangga dalam perspektif fikih lingkungan (fiqh bi’ah). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofiyah_08030420176 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sofiyah_08030420176 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki konsep dan praktik Gerakan Ekonomi Hijau yang diungkapkan melalui akun Instagram BUMIJO, terutama dalam konteks industri rumah tangga. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memahami pandangan Fikih Lingkungan (Fiqh bi’ah) terhadap gerakan ekonomi hijau yang diusung oleh BUMIJO. Konteks penelitian diperluas untuk mengintegrasikan permasalahan timbunan sampah di Indonesia, produksi barang konsumsi, dan kurangnya edukasi pemerintah terkait produk ramah lingkungan. Metode penelitian melibatkan analisis konten dari postingan Instagram BUMIJO yang terkait dengan Gerakan Ekonomi Hijau, wawancara dengan pemilik akun dan pemilik industri rumah tangga yang terlibat dalam gerakan tersebut. Data yang terkumpul dianalisis dengan merujuk pada prinsip-prinsip Fiqh Bi'ah untuk mengukur kesesuaian praktik ekonomi hijau ini dengan ajaran Islam dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan Gerakan Ekonomi Hijau di akun Instagram BUMIJO mencerminkan kesesuaian dengan aspek-aspek yang seharusnya ada untuk mencapai keberlanjutan. Gerakan ini tidak hanya mencerminkan komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan, tetapi juga berhasil mengintegrasikan prinsip-prinsip Fikih Lingkungan secara konsisten. Inisiatif ini secara langsung terkait dengan maqasid syariah, menggambarkan dedikasi dalam mencapai tujuan-tujuan syariah yang berkaitan dengan keadilan, kesejahteraan masyarakat, dan pelestarian alam. Penelitian ini menyajikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana Gerakan Ekonomi Hijau dapat diimplementasikan dalam konteks industri rumah tangga, sejalan dengan prinsip-prinsip Fiqh Bi'ah. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan kebijakan yang lebih berkelanjutan dan menggambarkan peran aktif sektor swasta dalam mendukung keberlanjutan lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofiyah, Sofiyahsofiyahhhh13@gmail.com08030420176
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitisitimusfiqoh@uinsby.ac.id197608132006042002
Subjects: Kebersihan
Daur Ulang
Industri RumahTangga
Keywords: Gerakan ekonomi hijau; BUMIJO; Instagram; fikih lingkungan; industri rumah tangga; keberlanjutan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sofiyah Sofiyah
Date Deposited: 17 Apr 2024 07:04
Last Modified: 17 Apr 2024 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69692

Actions (login required)

View Item View Item