Pemberdayaan ibu-ibu dalam membangun kemandirian pangan keluarga melalui pemanfaatan lahan pekarangan rumah sebagai media budidaya ikan lele di Dusun Kedondong Desa Kedondong Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustofa, Wiqno Deko Anwarul (2024) Pemberdayaan ibu-ibu dalam membangun kemandirian pangan keluarga melalui pemanfaatan lahan pekarangan rumah sebagai media budidaya ikan lele di Dusun Kedondong Desa Kedondong Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiqno Deko Anwarul Mustofa_04040220085 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Wiqno Deko Anwarul Mustofa_04040220085 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan ibu-ibu dalam membangun kemandirian pangan keluarga melalui pemanfaatan lahan pekarangan rumah sebagai media budidaya ikan lele di Dusun Kedondong. Dalam penelitian ini memfokuskan pada ibu-ibu yang ingin memanfaatkan lahan pekarangan rumah agar memberikan dampak positif bagi masyarakat terutama dalam membangun kemandirian pangan keluarga. Alasan peneliti mengambil tema tersebut dikarenakan lahan pekarangan rumah dilihat sebagai aset yang dapat mendorong pembangunan masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan sosial. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), dimana pendekatan yang menekankan pada pemanfaatan dan pengelolaan aset yang dimiliki secara partisipatif untuk menuju suatu perubahan transformatif. Dalam pendekatan ABCD juga memuat 5 tahapan yang dikenal dengan 5D (Discovery, Dream, Design, Define, Destiny). Semua tahapan tersebut saling berkesinambungan satu dengan yang lainnya, sehingga penerapannya harus berurutan. Hasil pemberdayaan yang dilakukan di Dusun Kedondong dapat dilihat dari adanya perubahan yang signifikan. Perubahan yang terjadi ialah masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pangan keluarga secara mandiri dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai media budidaya ikan lele. Yang sebelumnya masyarakat meng-gantungkan kebutuhan pangan yang mengandung unsur protein hewani dari pihak luar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustofa, Wiqno Deko Anwarul04040220085@student.uinsby.ac.id04040220085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id197605182007012022
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Pemberdayaan; lahan pekarangan rumah; kemandirian pangan keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wiqno Deko Anwarul Mustofa
Date Deposited: 17 Apr 2024 08:09
Last Modified: 17 Apr 2024 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69703

Actions (login required)

View Item View Item