Pendampingan Komunitas Pemuda melalui pemanfaatan lahan untuk budidaya ikan lele di Desa Jenggolo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asy’ari, Arif (2023) Pendampingan Komunitas Pemuda melalui pemanfaatan lahan untuk budidaya ikan lele di Desa Jenggolo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arif Asy'ari_B02219085 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Arif Asy'ari_B02219085 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini fokus pada Pemdampingan masyarakat dalam mengembangkan dan memanfaatkan aset lahan kosong yang terbengkalai di Desa Jenggolo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Tujuan penelitian ini untuk memberdayakan masyarakat dan menimbulkan jiwa berivovasi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat itu sendiri, dan mengetahui relevansi pemdampingan masyarakat dengan prinsip dakwah bil hal yang dikembangkan di prodi pengembangan masyarakat islam. Penelitian ini menggunakan Asset Based Community Development (ABCD) yang selalu menghubungkan antara partisipasi, riset, aset dan aksi. Komunitas Masyarakat dan stakeholder dijadikan subjek atau aktor dalam perubahan, karena penelitian dilakukan untuk masyarakat dengan konsep pemanfaatan aset yang telah ada. Sehingga dari proses pemetaan, penyusunan masalah dan harapan, aksi, hingga monitoring evaluasi dilakukan bersama sama. Adapun dalam proses penggalian data penelitian menggunaka teknik-teknit yang termuat dalam metode ABCD. Hasil dari pemdampingan masyarakat dalam budidaya ikan lele di Desa Jenggolo yaitu bagimana masyarakat Desa Jenggolo dapat mengembangkan dan memanfaatkan aset yang mereka miliki yaitu berupa lahan kosong yang dikelola menjadi sarana budidaya ikan lele, hasil ini timbul atas musyawaroh antara masyarakat, stakeholder dan peneliti untuk meningkatkat pendapatan masyarakat. Serta, Dengan menggunakan tindakan dakwah bil-hal bagaimana masyarakat memerlukan kegiatan nyata yang dapat meningkatkan harkat dan martabat kehidupan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asy’ari, Arifarifasyari08@gmail.comB92219085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abdul MujibUNSPECIFIED2007025902
Subjects: Komunikasi
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Budidaya ikan lele; pemanfaatan lahan; pendampingan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Arif Asy’ari
Date Deposited: 19 Apr 2024 04:34
Last Modified: 19 Apr 2024 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69705

Actions (login required)

View Item View Item