Korelasi metode resitasi dengan prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri I Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shodiq, Ja’far (1999) Korelasi metode resitasi dengan prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri I Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Persoalan dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana pelaksanaan metode resitasi dalam proses belajar mengajar pendidikan Agama Islam, bagaimana prestasi belajar siswa dalam pendidikan agama Islam, adakah korelasi antara metode resitasi dan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam, jika ada sejauh mana antara resitasi dan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan populasinya dari seluruh siswa SMUN I Taman Sidoarjo yang berjumlah 858, sedangkan sampelnya menggunakan tehnik proposionan ramdom sampling, yaitu membagi sampel berdasar masing-masing proporsi (kelas I, II dan III) yang dilakukan secara acak. Pengumpulan datanya diperoleh dengan metode observasi, kuesioner (angket), interview, dan dokumentasi. Analisa datanya dilakukan dengan tehnik kwalitatif dan kwantitatif. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) metode resetasi (tugas belajar) telah diterapkan dengan baik dan intensif, dan cukup berpengaruh dan merangsang terhadap minat dan motivasi belajar siswa, mereka rajin dan giat belajar sehingga prestasi mereka menjadi meningkat, (2) pristasi belajar siswa kelas I, II dan III pada cawu II tahun ajaran 1998/1999 dengan nilai rata-rata 7,9 dan dari data yang terkumpul menunjukkan bahwa 85% siswa yang prestasi belajarnya diatas nilai rata-rata, (3) untuk mengetahui ada tidaknya korelasi dari metode resitasi dengan prestasi belajar adalah dubuktikan dari hasil perhitungan x2 dengan nilai rata-rata 29,24 3,481 pada taraf signifikansi 5% dan nilai 29,24 6,635 pada taraf signifikansi 1%, dengan demikian korelasinya sangat positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Anwar Rasjid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shodiq, Ja’far-D01.3.95.067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRasjid, AnwarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Metode resitasi; belajar siswa; pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:12
Last Modified: 07 Sep 2021 14:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item View Item