Implementasi akuntabilitas dan transparansi terhadap pelaksanaan program bantuan sosial non tunai beras pada tahun 2023: studi kasus Kelurahan Bulak Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

al Bira, Ahmad Mubarak (2024) Implementasi akuntabilitas dan transparansi terhadap pelaksanaan program bantuan sosial non tunai beras pada tahun 2023: studi kasus Kelurahan Bulak Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Mubarak al Bira_08030220095 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 May 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Ahmad Mubarak al Bira_08030220095.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelaksanaan Bantuan Sosial Non Tunai merupakan topik yang bisa untuk diteliti dengan menilai Akuntabilitas dan Transparansi sebuah instansi. Indikator Akuntabilitas dengan adanya kesesuaian antara pelaksanaan dengan standar prosedur pelaksanaan dan Transparansi dengan adanya akses pada informasi yang mudah dijangkau menjadi salah satu indikator bahwa pelaksanaan Bantuan Sosial Non Tunai ini berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa Akuntabilitas dan Transparansi pada pelaksanaan dan penerapan Program Bantuan Sosial Non Tunai Beras di kelurahan bulak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer melalui wawancara secara langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari Data penerima Bantuan Sosial Non Tunai Beras Tahun 2023 pada bulan Desember. Setelah data terkumpul maka data direduksi lalu disajikan sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan Bantuan Sosial Non Tunai di Kelurahan Bulak dengan Indikator dari Akuntabilitas dan Transparansi sudah sesuai dan sudah merata secara poembagiannya, namun adanya pembagian yang jadwalnya tidak bisa di prediksi dari pihak BULOG selaku penyedia beras. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Bantuan Sosial Non Tunai Beras Kelurahan Bulak sudah melakukan sesuai aturan yang berlaku dan sudah sesuai dengan indikator Akuntabilitas dan Transparansi namun memiliki dampak pada Masyarakat yaitu adanya pembagian Bantuan Sosial Non Tunai yang waktunya tidak bisa di prediksi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak penyedia beras dan pemerintah daerah agar konsisten pada pembagian Bantuan Sosial Non Tunai Beras jika memang kendala di penyedia di harapkan pemerintah memberikan Solusi dengan menambah vendor penyedia beras. Selain itu diharapkan untuk tetap menjaga keterbukaannya kepada masyarakat dalam menyampaikan informasi mengenai pelaksanaan Bantuan Sosial Non Tunai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
al Bira, Ahmad Mubarakahmadalbira2@gmail.com08030220095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma@uinsby.ac.id199110012019032020
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Kemiskinan
Keywords: Akuntabilitas; program bantuan sosial; beras
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Ahmad Mubarak Al bira
Date Deposited: 03 May 2024 04:01
Last Modified: 03 May 2024 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69712

Actions (login required)

View Item View Item