Pengaruh akuntansi lingkungan, kepemilikan saham publik, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, dan kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan: studi empiris pada perusahaan pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nazicha, Indah Zulfatun (2024) Pengaruh akuntansi lingkungan, kepemilikan saham publik, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, dan kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan: studi empiris pada perusahaan pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Zulfatun Nazicha_08040220123 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Indah Zulfatun Nazicha_08040220123 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan harus mampu mengelola asetnya dengan baik. Harapannya, aset perusahaan dapat menghasilkan keuntungan maksimal demi mendukung kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Akuntansi Lingkungan, Kepemilikan Saham Publik, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, dan Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2022 dengan jumlah 44 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 52 sampel. Data yang digunakan berupa laporan tahunan, laporan keberlanjutan dan peringkat PROPER perusahaan pertambangan batu bara tahun 2019-2022 yang dapat diakses melalui website masing-masing perusahaan dan website Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan alat analisis SPSS 26. Hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel akuntansi lingkungan dan kinerja lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Kepemilikan saham publik berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini memberikan rekomendasi pada penelitian selanjutnya untuk memperluas sektor lain, menambah variabel lain, serta menggunakan proxy lain dari rasio profitabilitas guna menggambarkan kinerja keuangan sehingga mendapat keterbaruan penelitian. Bagi perusahaan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan sosial yang secara langsung terlibat oleh kegiatan operasional perusahaan. Bagi stakeholder dan investor lainnya untuk lebih teliti dalam memahami informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan sebelum melakukan pengambilan keputusan dalam berinvestasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nazicha, Indah Zulfatunindahzulfatunn@gmail.com08040220123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbinti.shofiatul@uinsby.ac.id2029079002
Subjects: Akuntansi
Keuangan
Keywords: Akuntansi Lingkungan; Kepemilikan Saham Publik, Kinerja Lingkungan; Kinerja Keuangan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Indah Zulfatun Nazicha
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:40
Last Modified: 22 Apr 2024 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69725

Actions (login required)

View Item View Item