Analisis pembiayaan akad murabahah terhadap pendapatan usaha mikro di BSI KCP Mojosari dalam perspektif maqasid shari’ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuraini, Ivvana Nanda (2024) Analisis pembiayaan akad murabahah terhadap pendapatan usaha mikro di BSI KCP Mojosari dalam perspektif maqasid shari’ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ivvana Nanda Nuraini_08020420054 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ivvana Nanda Nuraini_08020420054 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Bank syariah merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang menjadi lembaga intermediasi bagi pihak kelebihan dana dan pihak yang memerlukan dana. Salah satu produk yang ditawarkan yaitu menyalurkan bantuan berupa pembiayaan bagi pelaku usaha mikro. Bantuan yang diberikan berupa pembiayaan menjadi salah satu faktor yang dapat menunjang suatu usaha agar dapat berkembang lebih baik dari keadaan sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dianalisa secara kualitatif yang menggunakan data primer dengan melakukan wawancara dan data sekunder dari sumber terpercaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pembiayaan akad murabahah yang diterapkan di BSI KCP Mojosari. Selain itu juga digunakan untuk menganalisis dampak dari penyaluran pembiayaan oleh BSI KCP Mojosari terhadap pendapatan Usaha Mikro. Serta menganalisis penyaluran pembiayaan yang diberikan BSI KCP Mojosari dalam perspektif maqashid shari’ah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembiayaan akad murabahah yang diterapkan di BSI KCP Mojosari sudah sesuai dengan menggunakan akad murabahah yang dikombinasikan dengan akad wakalah. Nasabah menjadi wakil bank untuk membeli barangnya sendiri asalkan barang yang dibeli menjadi milik bank sepenuhnya serta memberikan kuitansi sebagai bukti. Penyaluran pembiayaan oleh BSI KCP Mojosari terhadap pendapatan Usaha Mikro memberikan dampak karena usaha yang dijalankan nasabah mengalami peningkatan baik dari pendapatan, barang yang dijual menjadi lebih banyak dan beragam, serta bangunan yang digunakan untuk usaha menjadi lebih baik dari keadaan sebelumnya. Penyaluran pembiayaan yang diberikan BSI KCP Mojosari dalam perspektif maqashid shari’ah memenuhi tingkatan daruriyat dalam menjaga agama, akal, dan harta menurut indikator Imam Shatibi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak BSI KCP Mojosari untuk lebih memperhatikan nasabah agar dengan kemudahan yang diberikan pembiayaan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, pelatihan usaha yang diberikan diharapkan bisa merata agar dirasakan oleh seluruh nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuraini, Ivvana Nandaivvanananda18@gmail.com08020420054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSa'adah, Mazro'atusmazroatus.saadah@uinsby.ac.id2027087703
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Murabahah
Keywords: Pembiayaan murabahah; pendapatan usaha mikro, maqashid shari’ah; BSI KCP Mojosari.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ivvana Nuraini
Date Deposited: 21 Apr 2024 00:07
Last Modified: 21 Apr 2024 00:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69728

Actions (login required)

View Item View Item