Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media roda pintar pada kelompok b TK Dharma Wanita Rejoso Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusuma, Sabella Dheva Tri (2024) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media roda pintar pada kelompok b TK Dharma Wanita Rejoso Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabella Dheva Tri Kusuma_06010920009 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sabella Dheva Tri Kusuma_06010920009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini adalah 18 anak yang belum berkembang dalam kemampuan membaca permulaan pada kelompok B TK Dharma Wanita Rejoso Nganjuk. Masalah tersebut disebabkan oleh kurangnya minat membaca permulaan siswa dikarenakan media yang digunakan hanya buku bacaan saja dan juga kurangnya kerja sama orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media roda pintar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, dan juga untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media roda pintar pada kelompok B TK Dharma Wanita Rejoso Nganjuk. Kegiatan membaca menggunakan media roda pintar dapat meningkatkan minat siswa dalam membaca permulaan karena media roda pintar memiliki bentuk yang menarik sehingga rasa penasaran siswa akan meningkat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan pengambilan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Metode penelitian ini merupakan metode yang menggunakan model dari Kurt Lawin. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Analisis data yang digunakan yaitu berupa perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media roda pintar pada kelompok B TK Dharma Wanita Rejoso Nganjuk memperoleh hasil yang maksimal. Pemerolehan hasil observasi aktivitas guru pada Siklus I yaitu 71,8% kemudian meningkat pada Siklus II menjadi 89%. Sedangkan pada aktivitas siswa pada Siklus I memperoleh hasil 59,3% kemudian meningkat pada Siklus II menjadi 79,6%. 2). Kemampuan membaca permulaan pada kelompok B melalui media roda pintar memperoleh hasil yang maksimal. Hal ini dapat dibuktikan pada tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Nilai rata-rata pada Siklus I yaitu 60,75 kemudian meningkat pada Siklus II menjadi 82,5. Dan prosentase ketuntasan pada Siklus I sebesar 40% kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 76%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusuma, Sabella Dheva Trisabelladheva691@gmail.com06010920009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Anak
Keterampilan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Membaca Permulaan; Media Roda Pintar; Siswa Kelompok B
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sabella Dheva Tri Kusuma
Date Deposited: 22 Apr 2024 05:24
Last Modified: 22 Apr 2024 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69730

Actions (login required)

View Item View Item