Pengaruh belanja pegawai dan belanja modal terhadap kinerja keuangan dengan pendapatan asli daerah sebagai variabel intervening pada pemerintahan kabupaten/kota Gerbang Kertasusila Tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Filjannah, Shofiatin (2024) Pengaruh belanja pegawai dan belanja modal terhadap kinerja keuangan dengan pendapatan asli daerah sebagai variabel intervening pada pemerintahan kabupaten/kota Gerbang Kertasusila Tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiatin Filjannah_08020220089 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Shofiatin Filjannah_08020220089 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Kinerja keuangan daerah merupakan topik yang digunakan untuk menentukan kemampuan daerah dalam mempertahankan otonomi. Pada realisasinya pemerintah daerah masih banyak yang masih bertumpu pada transfer dana dari pemerintahan pusat. Seperti pada Gerbang Kertasusila, kinerja keuangan daerahnya mengalami masalah dalam penyerapan anggaran belanja daerah yang masih belum tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh belanja pegawai dan belanja modal terhadap kinerja keuangan dengan pendapatan asli daerah sebagai variabel intervening pada di Gerbang Kertasusila tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder, yakni laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Jumlah keseluruhan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 35 sampel. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, analisis jalur, dan uji sobel menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Hasil ini menunjukkan bahwa belanja pegawai berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, belanja modal berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, belanja pegawai berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah, belanja modal tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah, pendapatan asli daerah berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, belanja pegawai tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan dengan pendapatan asli daerah sebagai variabel intervening, belanja modal tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan dengan pendapatan asli daerah sebagai variabel intervening. Dari penelitian ini diharapkan pemerintah perlu mengimplementasikan kontrol pengeluaran yang efektif untuk memastikan bahwa belanja pegawai dan belanja modal digunakan secara efisien. Pemerintah perlu memperhatikan keseimbangan antara belanja operasional, belanja pegawai, dan belanja modal dalam perencanaan anggaran jangka panjang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Filjannah, Shofiatinshofiatin310102@gmail.com08020220089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Silvia Ekaselvia.eka@uinsby.ac.id199307302019032029
Subjects: Akuntansi
Keywords: Kinerja keuangan daerah; belanja pegawai; belanja modal; pendapatan asli daerah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Shofiatin Filjannah
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:58
Last Modified: 19 Apr 2024 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69734

Actions (login required)

View Item View Item