Efektivitas model pembelajaran Guided Inquiry berbasis Pictorial Riddle terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di MTsn 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Inayatul (2024) Efektivitas model pembelajaran Guided Inquiry berbasis Pictorial Riddle terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di MTsn 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayatul Ilmiyah_06021020013 ok.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Inayatul Ilmiyah_06021020013 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTsN 2 Sidoarjo. Hal ini disebabkan pada saat proses pembelajaran di kelas kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA masih kurang dilatihkan, sehingga menjadikan peserta didik kurang memiliki kemampuan berpikir kritis pada saat pembelajaran berlangsung. Maka dari itu, peneliti melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbasis pictorial riddle yang diharapkan mampu menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui efektivitas model pembelajaran guided inquiry berbasis pictorial riddle terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTsN 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif memakai jenis penelitian quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni tes, observasi dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji mann whitney dan N-gain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat diketahui bahwa model pembelajaran guided inquiry berbasis pictorial riddle efektif digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil tersebut dibuktikan dengan : (1) rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 78,10 untuk kelas eksperimen dan 55 untuk kelas kontrol. (2) Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < nilai alpha (0,05) yang berarti model pembelajaran guided inquiry berbasis pictorial riddle memberikan perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5413 dengan kriteria sedang sedangkan kelas kontrol 0,1321 dengan kategori rendah. (4) Keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry berbasis pictorial riddle pada lembar observasi guru 92,3% dengan kriteria sangat baik dan lembar observasi peserta didik 84,3% dengan kriteria sangat baik. (5) Lembar angket respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata 87,625% dengan kategori sangat tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Inayatulinayailmi112@gmail.com06021020013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunitaainunjariyah@gmail.com0705128601
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Model pembelajaran Guided Inquiry berbasis Pictorial Riddle; kemampuan berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Inayatul Ilmiyah
Date Deposited: 19 Apr 2024 09:21
Last Modified: 19 Apr 2024 09:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69736

Actions (login required)

View Item View Item