Evaluasi efektivitas Sistem Perbendaharaan Dan Anggaran Negara (SPAN) terhadap pencairan dana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya II

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novita, Pramesty Dhea (2024) Evaluasi efektivitas Sistem Perbendaharaan Dan Anggaran Negara (SPAN) terhadap pencairan dana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya II. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pramesty Dhea Novita_08010220028 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pramesty Dhea Novita_08010220028 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Evaluasi Efektivitas Sistem Perbendaharaan Dan Anggaran Negara (SPAN) Terhadap Pencairan dana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya II” dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas terhadap penerapan aplikasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) pada proses pencairan dana APBN dan mengidentifikasi faktor-faktor Yang menjadi penghambat dalam penerapannya di KPPN Surabaya II. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam evaluasi penelitian ini yaitu melaui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Evaluasi efektifitas SPAN pada proses pencairan dana APBN sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara, PMK Nomor 154/PMK.05/2014 tentang Pelaksanaan SPAN dan PMK Nomor Per KEP-287/PB/2015, tentang standar operasional prosedur pada KPPN. Hasil penelitian yang diperoleh menghasilkan nilai rasio yang baik pada tahun 2021 sebesar 92% dan tahun 2022 sebesar 91% sesuai dengan Penilaian dari Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). SPAN telah membawa perubahan positif dalam pengelolaan perbendaharaan dan anggaran negara, bersifat transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan publik.Penelitian ini memberikan saran kepada pihak KPPN Surabaya II tentang cara memperbaiki dan menyempurnakan SPAN untuk implementasi keuangan pencairan dana APBN di masa depan. Selain itu, diharapkan KPPN Surabaya II untuk tetap menjaga transparansi kepada publik mengenai APBN yang telah terealisasikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novita, Pramesty Dheapramestydheanovita@gmail.com08010220028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Administrasi
Akuntansi
Ekonomi
Keuangan
Keywords: Evaluasi; efektivitas; SPAN; pencairan dana; APBN
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Pramesty Dhea Novita
Date Deposited: 19 Apr 2024 03:47
Last Modified: 19 Apr 2024 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69738

Actions (login required)

View Item View Item