Narasi kepemimpinan non-muslim dalam website keislaman dan tafsir: analisis penafsiran al Qur'an di website muslim.or.id dan tafsiralquran.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najmuddin, Ana (2024) Narasi kepemimpinan non-muslim dalam website keislaman dan tafsir: analisis penafsiran al Qur'an di website muslim.or.id dan tafsiralquran.id. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Najmuddin_07020320028.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ana Najmuddin_07020320028_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Diskursus kepemimpinan non-muslim telah banyak sekali dikaji baik mufassir era klasik, pertengahan dan kontemporer. Sejarah dan dalam kitab-kitab tafsir membuktikan bahwa terdapat dua pandangan yaitu pandangan menolak dan memperbolehkan. Walaupun kajian ini sudah banyak sekali dikaji namun selalu ada ruang dalam kajian tafsir. Kajian tafsir pada masa kini sudah masuk dalam ruang baru yaitu ruang digital yang disebut dengan Tafsir Digital. Kajian kepemimpinan non-muslim dalam ruang digital, dapat kita jumpai banyak website yang mengkaji pemimpin non-muslim dan salah satunya adalah muslim.or.id dan tafsiralquran.id. penelitian ini merupakan model penelitian kualitatif dan merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Mengguanakan teori Analisis Konten sebagai pisau analisisnya. Penelitian ini berfokus pada penafsiran ayat-ayat kepemimpinan non-muslim dalam website muslim.or.id dan tafsiralquran.id dan mencari perbedaan dan kesamaan penafsiran dari kedua website tersebut. Setelah menganalisa penafsiran pada kedua website tersebut, website muslim.or.id dalam menafsiran ayat-ayat kepemimpinan non-muslim cenderung tekstual dan menolakan kepemimpinan non-muslim. Sedangkan website tafsiralquran.id memiliki pandangan membolehkan dengan penafsiran kontekstual. Hal tersebut menjadi pembeda antara website muslim.or.id dan tafsiralquran.id. Kedua website tersebut memiliki kesamaan dalam usaha dalam mencari pandangan hukum dalam kajian tafsir Al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najmuddin, Anaananajmuddin12@gmail.com07020320028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahnafareva@gmail.com2014067102
Subjects: Al Qur'an > Amsal - al Quran
Al Qur'an
Keywords: Al Qur’an; pemimpin; pemimpin non-muslim; muslim.or.id; tafsirlaquran.id
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: ana najmuddin
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:49
Last Modified: 22 Apr 2024 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69764

Actions (login required)

View Item View Item