Analisis maslahah mursalah terhadap konsep Food Bank pada Yayasan Garda Pangan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Novia Linda (2023) Analisis maslahah mursalah terhadap konsep Food Bank pada Yayasan Garda Pangan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novia Linda Putri_G94216192 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Novia Linda Putri_G94216192.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan menjawab rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu bagaimana konsep food bank pada Yayasan Garda Pangan Surabaya ditinjau dari perspektif Maslahah Mursalah. Metodologi penelitian yang digunakan dalam Penelitian yang dilakukan pada Yayasan Garda Pangan Surabaya ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan berdasarkan data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini yaitu Dalam konsep food bank Garda Pangan penjagaan akal (hifdzu aql) dimana manusia mampu menerapkan perbuatan yang baik Garda Pangan hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Dari adanya Food Bank Garda Pangan adalah kegiatan yang baik dalam menjaga jiwa dengan fokus jasmani (Hifdz An-Nafs). Seperti yang diketahui bahwa Surabaya adalah kota pada penduduk dimana banyak orang memilih merantau ke kota ini untuk menyambung hidup dengan bekerja dikota dengan layak. Pada program Garda Pangan juga membantu dalam jalannya muamalah. Dimana diadakan program khusus yang membantu petani yang sedang kesulitan penjualan hasil pertanianya. Dari program tersebut sejalan dengan Hifdz Al-Mal dimana membantu petani dalam menjaga hartanya supaya terhindar dari kerugian akibat tidak kembali modal dari hasil pertaniannya. Adapun rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan kepada food bank Garda Pangan Surabaya senantiasa menjalankan misi kebaikan tersbut, serta disarankan bagi para stakeholder mampu mendukung kegiatan ini serta dipeluas pembentukan food bank di berbagai kota lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Novia Lindanovialindap15@gmail.comG94216192
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id201603311
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Maslahah mursalah; Food Bank; garda pangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Novia Linda Putri
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:45
Last Modified: 22 Apr 2024 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69778

Actions (login required)

View Item View Item