Pemenuhan hak kesejahteraan narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas IIb Mojokerto dalam perspektif Undang-Undang nomor 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan dan hukum pidana Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrilia, Elisa (2024) Pemenuhan hak kesejahteraan narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas IIb Mojokerto dalam perspektif Undang-Undang nomor 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan dan hukum pidana Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elisa Febrilia_05040320077 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Elisa Febrilia_05040320077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemenuhan hak kesejahteraan narapidana ini dijamin oleh negara untuk dipenuhi tanpa memandang status dari warga binaan. Saat ini Lembaga Pemasyarakatan Mojokerto mengalami overkapasitas huni dimana jumlah narapidana yang masuk tidak sesuai dengan jumlah pidana yang keluar, serta petugas di Lembaga Pemasyarakatan juga tidak sebanding dengan jumlah narapidana. Skripsi ini mencoba menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: bagaimana pemenuhan hak kesejahteraan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Mojokerto dalam perspektif Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan? dan bagaimana pemenuhan hak kesejahteraan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Mojokerto dalam perspektif hukum pidana Islam?. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang diperoleh langsung dari lapangan menggunakan pendekatan sociological jurisprudence. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif deduktif yang selanjutnya disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit mengenai pemenuhan hak kesejahteraan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Mojokerto. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan perspektif Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 dan hukum pidana Islam. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, bahwa pemenuhan hak kesejahteraan di Lapas Kelas IIB Mojokerto yang sudah terpenuhi yaitu hak menjalankan ibadah sesuai kepercayaanya, hak mendapatkan perawatan baik jasmani maupun rohani, hak mendapatkan pendidikan, pengajaran, dan kegiatan rekreasional, hak mendapatkan makanan yang layak sesuai dengan kebutuhan gizi, dan hak mendapatkan layanan informasi. Sedangkan hak yang belum terpenuhi yaitu hak mendapatkan layanan kesehatan, kedua, bahwa pemenuhan hak kesejahteraan di Lapas Mojokerto dalam hukum pidana Islam yang sudah terpenuhi adalah hak melaksanakan ibadah kepada Allah, mendapatkan makanan dan minuman yang layak dan halal, mendapatkan pakaian yang bagus dan menutup aurat, dan tidak ada penyiksaan. Sedangkan hak yang belum terpenuhi adalah mendapatkan tempat yang layak dan mulia. Hal tersebut tidak dapat terpenuhi karena kurangnya fasilitas terkait ruang isolasi yang seharusnya digunakan khusus narapidana menderita penyakit menular, hal tersebut tidak terpenuhi di Maqāṣid al-Sharī’ah dalam hal menjaga jiwa. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan: Pertama, diharapkan pemerintah menugaskan dokter ataupun perawat yang berjaga di malam hari hal tersebut agar mempermudah jika terjadi keadaan darurat di malam hari, perlu adanya dokter psikologi guna meminimalisir narapidana yang mengalami depresi berat karena hal ini berbahaya yang dapat memicu perilaku bunuh diri. Kedua, diharapkan Hakim mempertimbangkan keputusannya agar pidana penjara bukan hal satu-satunya seseorang diberi hukuman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrilia, Elisaelisafebrilia61@gmail.com05040320077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafa'ah, Nurlailatulnurlailashafaa@gmail.com2016047904
Subjects: Hukum Islam
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Pemenuhan hak; narapina; hukum pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Elisa Febrilia
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:21
Last Modified: 22 Apr 2024 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69784

Actions (login required)

View Item View Item