Penerapan metode design thinking untuk merancang design interface dan user experinence situs E-Card

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Silvia Nanda (2023) Penerapan metode design thinking untuk merancang design interface dan user experinence situs E-Card. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Nandasari_H96218070 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Silvia Nandasari_H96218070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat menyelenggarakan acara yang membutuhkan kehadiran orang lain, dibutuhkan media untuk menyempaikan informasi kegiatan berupa undangan. Penyampaian undangan acara pada umumnya masih dilakukan dengan sistem manual. Namun, ditemukan beberapa masalah dari penggunaan undangan cetak. Salah satu persoalannya yaitu memakan biaya yang banyak dan membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya. Meskipun undangan digital lebih diminati karena lebih praktis dan harganya relatif lebih murah, undangan fisik sering dijadikan alternatif apabila ingin terlihat sopan dan meyakinkan. Sehingga penelitian ini berinovasi untuk merancangan design interface dan user experience website E-Card Maker yang dapat membantu masyarakat dalam pembuatan undangan digital maupun undangan konvensional dalam satu platform secara efisien. Metode yang digunakan untuk merancang situs E-Card Maker yaitu metode Design Thinking dengan 2 iterasi. Hasil dari desain user interface berupa prototype high-fidelity yang diuji menggunakan system usability scale (SUS) 2 dimensi. Hasil pengujian menunjukkan skor dimensi usability yaitu 71,6 sehingga masuk dalam kategori acceptable. Sedangkan dimensi learnability masuk dalam kategori marginal high karena mendapatkan skor 60,1. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini masih membutuhkan iterasi berikutnya untuk perbaikan skor learnability.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Silvia Nandah96218070@uinsby.ac.idH96218070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Thesis advisorKunaefi, Anangakunaefi@uinsby.ac.id197911132014031001
Subjects: Teknologi
Informasi
Keywords: E-Card maker; design thinking; usability testing
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Silvia Nandasari
Date Deposited: 02 May 2024 07:55
Last Modified: 02 May 2024 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69786

Actions (login required)

View Item View Item