Implementasi metode RegARIMA dengan efek moving Holiday dalam Forecasting nilai tukar mata uang rupiah terhadap US Dollar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tussholikhah, Anissa Nurul Farida (2024) Implementasi metode RegARIMA dengan efek moving Holiday dalam Forecasting nilai tukar mata uang rupiah terhadap US Dollar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anissa Nurul Farida Tussholikhah_09020220020 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anissa Nurul Farida Tussholikhah_09020220020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kondisi ekonomi atau tingkat inflasi suatu negara dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah naik turunnya nilai tukar rupiah. Naik turun nya nilai tukar ini juga dapat dipengaruhi oleh beberapa hari libur nasional, salah satunya Idul Fitri yang memiliki jumlah cuti kerja yang cukup lama di Indonesia. Sehingga perlu dilakukan penelitian ini untuk mengetahui prediksi nilai tukar mata uang dengan mempertimbangkan efek moving holiday, dan akan dilakukan perbandingan dengan hasil prediksi yang tanpa mempertimbangkan efek moving holiday. Dari banyaknya proses prediksi yang dapat dilakukan, untuk menghasilkan akurasi terbaik penelitian ini menggunakan metode RegARIMA yang merupakan salah satu perkembangan dari ARIMA dengan pengendalian efek moving holiday. Penelitian ini menggunakan data time series bulanan yang diperoleh dari web Satu Data Perdagangan, yang diambil sejak Januari 2001 hingga Januari 2024 dengan total 277 data. Perbandingan hasil diperoleh dari evaluasi ARIMA dengan RegARIMA, untuk mengetahui sebaik apa model menangani efek moving holiday. Berdasarkan nilai MAPE yang diperoleh, model RegARIMA lebih unggul dari ARIMA. MAPE dari RegARIMA bernilai lebih kecil, yakni sebesar 1.82% dibandingkan ARIMA yang memperoleh MAPE sebesar 2.43%. Sehingga model RegARIMA berhasil dalam menangani efek moving holiday dalam proses prediksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tussholikhah, Anissa Nurul Faridafaridaanisa4@gmail.com09020220020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorHakim, Luthfilutfihakimbungah@gmail.com--
Subjects: Matematika
Statistik
Keywords: Kurs Rupiah; Nilai Tukar; USD; ARIMA; RegARIMA; Moving Holiday; Prediksi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Anissa Nurul Farida Tussholikhah
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:08
Last Modified: 23 Apr 2024 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69800

Actions (login required)

View Item View Item