Analisis determinan pertumbuhan Ekonomi pada Negara Asia: studi empiris di negara pendapatan menengah dan pendapatan tinggi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saniyyah, Reidah Daffa (2024) Analisis determinan pertumbuhan Ekonomi pada Negara Asia: studi empiris di negara pendapatan menengah dan pendapatan tinggi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reidah Daffa Saniyyah_08040120099 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Reidah Daffa Saniyyah_08040120099 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pada setiap negara di dunia selalu mengharapkan pertumbuhan ekonomi yang meningkat guna terhindar dari Middle Income Trap. Sehingga dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi memiliki banyak determinan. Namun, dilaporkan oleh IMF bahwa perekonomian Asia dalam jangka panjang memiliki hambatan yaitu terkait perdagangan yang melambat. Maka analisis determinan itu dintaranya yaitu Economic Freedom, Trade Openness, Foreign Direct Investment, dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja. Selain itu juga, meneliti terkait kesenjangan ekonomi antara negara pendapatan menengah dan negara pendapatan tinggi Asia pada tahun 2018-2022. Pada penelitian ini menggunakan data sekunder dengan analisis metode regresi data panel dengan pendekatan Random Effect Model (REM) sebagai model terbaik dan regresi dengan dummy variabel. Sampel dari penelitian ini adalah 44 negara Asia dengan periode 2018-2022. Analisis data menggunakan perangkat lunak E-views 12 sebagai alat bantu proses analisis. Hasilnya penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok negara pendapatan menengah dan pendapatan tinggi Asia, Economic Freedom berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan Trade Openness (X2) berpengaruh negatif dan signifikan. Untuk variabel FDI (X3) dan TPAK (X4) berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan variabel Dummy Negara (X5) menunjukkan Pertumbuhan ekonomi di pendapatan menengah dan pendapatan tinggi di negara Asia menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Dari hasil penelitian ini, diharapkan hasil penelitian ini bisa memberikan langkah atau suatu kebijakan yang diambil oleh pemerintah yang mana akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Diharapkan pemerintah negara Asia baik itu yang memiliki pendapatan menengah maupun tinggi dapat menjaga kebebasan ekonominya, mengambil langkah yang cepat untuk keterbukaan perdagangan, meningkatkan daya saing untuk menarik investor asing serta meningkatkan TPAK dengan memberikan pelatihan agar bisa meningkatkan daya saing angkatan kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saniyyah, Reidah Daffareidahdaffa@gmail.com08040120099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIstiandari, Debby Nindyadebbynindya@gmail.com0414129501
Subjects: Ekonomi
Keywords: Economic Freedom; Foreign Direct Investment; Pertumbuhan Ekonomi; Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja; Trade Openness
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Reidah Daffa Saniyyah
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:25
Last Modified: 23 Apr 2024 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69804

Actions (login required)

View Item View Item