Penerapan sistem informasi monsakti pada kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) Surabaya II

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Intan Roudlotu (2024) Penerapan sistem informasi monsakti pada kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) Surabaya II. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Roudlotu Maulida_08040320092.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Intan Roudlotu Maulida_08040320092_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Implementasi dari sistem informasi manajemen keuangan memberikan kontribusi dalam memonitoring dan mengontrol arus kas, penegeluaran, dan penerimaan keuangan perusahaan ataupun instansi Monsakti merupakan sistem informasi yang digunakan oleh tingkat instansi atau satuan kerja yang berhubungan dengan pengelolaan APBN yang biasanya menggunakan SAKTI. Fungsi utama dari MonSakti adalah untuk melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan anggaran satuan kerja dan Bendahara Umum Negara. Dalam pengoperasian dibutuhkan efektifitas dimaknai sebagai tingkat kemampuan suatu lembaga atau organisasi dalam melaksanakan seluruh tugas-tugas pokok atau mencapai sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer sekunder. Data primer didapatkan dari hasil wawancara yang dilakukan dengan lima nara sumber yang berasal dari satuan kerja KPPN Surabaya II, dan dua pegawai KPPN Surabaya II. Sedangkan data sekunder didapatkan dari perolehan pengoperasian Monsakti. Teknik pengolahan data menggunakan tahap reduksi data, display data, dan tahap verevikasi sebagai kesimpulan. Penerapan Monsakti telah berjalan dengan baik dari pengoperasian lebih mudah digunakan dan dapat membantu menyelesaikan tugas yang sesuai dengan tujuan diciptakannya monsakti. Kekurangan dari monsakti terletak pada sistem yang sering terjadi server eror. Update dari respon monsakti yang tidak realtime sehingga diperlukan upgrade server. Pemberitahuan pembaharuan menu perlu dilakukan secara cepat oleh KPPN Surabaya II sebagai Pengawasan Monsakti Efektifitas dalam penerapan monsakti ditinjau dari penggunaan telah memenuhi teori yang menjadi penentu efektifitas suatu sistem informasi dalam penggunaan. Dibuktikan dengan implementasi monsakti mapu meberikan kemudahan dalam adaptasi pengguna dengan adanya sistem informasi baru. Monsakti juga memberikan fitur yang sangat membantu pengguna dalam mendapatkan hasil laporan kauangan yang dibutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Intan Roudloturoudlotumaulida@gmail.com08040320092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id198612132019032009
Subjects: Manajemen Perkantoran
Keywords: Monsakti; efektifitas; laporan keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Intan Roudlotu Maulida
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:10
Last Modified: 23 Apr 2024 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69811

Actions (login required)

View Item View Item