Strategi perencanaan dakwah islam melalui seni hadrah Al-banjari di yayasan pendidikan dan sosial Ma'arif Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Achmad Fikri (2024) Strategi perencanaan dakwah islam melalui seni hadrah Al-banjari di yayasan pendidikan dan sosial Ma'arif Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Fikri Maulana_04010420002 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Achmad Fikri Maulana_04010420002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi perencanaan dakwah Islam melalui seni hadrah al-banjari di Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif Sidoarjo serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Metode ini digunakan sebagai cara yang praktis dalam menjabarkan serta menjelaskan strategi perencanaan dakwah Islam, faktor pendukung serta faktor yang menghambat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Cara tersebut dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah grup Hadrah Al-Banjari di Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif Sidoarjo memeiliki strategi perencanaan yang terstruktur dan komprehensif. Dimana strategi dibentuk untuk merencanakan, mengatur dan melaksanakan kegiatan dakwah secara efektif. Adapun langkah-langkah strategi perencanaan dakwahnya yakni melakukan Perkiraan dan perhitungan masa depan (forecasting) lalu Penentuan dan perumusan dan menentukan sasaran dalam rangka pencapaian tujuan dakwah yang telah ditetapkan sebelumnya, Penetapan tindakan-tindakan dakwah dan prioritas pelaksanaan dakwah, Penetapan prosedur kegiatan, Penetapan dan penjadwalan waktu (Schedule), Penempatan lokasi serta Penetapan biaya. Kemudian untuk faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan srategi Perencanaan dakwah Islam ada beberapa hal. Pertama, faktor pendukung meliput: support system dari Masyarakat yang kuat, yayasan memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, memiliki pelatih yang kompeten, yayasan memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai dakwah, yayasan memiliki kepemimpinan yang efektif. Kedua, faktor penghambat meliputi: adanya regulasi dan kebijakan yang membatasi ruang gerak dakwah, sulitnya mencari generasi penerus Hadrah, kurangnya support system dari orang tua, pemahaman masyarakat yang berbeda serta kurangnya minat para generasi muda terhadap seni Hadrah Al-Banjari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Achmad Fikribaitulikhlas06@gmail.com04010420002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Ahmad Khairulahmad_khairul_hakim@yahoo.com2030127501
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Kesenian > Kesenian Islam
Manajemen Dakwah
Keywords: Strategi Perencanaan; Dakwah Islam; Hadrah Al-Banjari
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Achmad Fikri Maulana
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:28
Last Modified: 25 Apr 2024 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69835

Actions (login required)

View Item View Item