سيميائية ريفاتير في شعر "أشهد أن لا إمرأة إلا أنت" لنزار قباني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Fitri Elma (2024) سيميائية ريفاتير في شعر "أشهد أن لا إمرأة إلا أنت" لنزار قباني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Elma Rosyidah_03010120011.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fitri Elma Rosyidah_03010120011_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki penggunaan semiotika Riffaterre dalam menafsirkan puisi Nizar Qabbani yang berjudul "Asyhadu An La Imro’ata Illa Anti". Untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana struktur teks puisi menghasilkan makna, pendekatan semiotika digunakan untuk melakukan analisis. Selain itu, pertimbangan semiotika tersebut memiliki potensi untuk meningkatkan dan memperluas pembacaan. Studi ini menekankan bagaimana komponen seperti metafora, simbol, dan struktur linguistik yang ada dalam puisi menciptakan lapisan makna yang mendalam yang dapat diungkapkan melalui kerangka kerja semiotika Riffaterre. Untuk mendapatkan makna signifikan dalam puisi tersebut, peneliti menggunakan metode analisis yang dikemukakan oleh Riffaterre, yaitu pembacaan heuristic, pembacaan hermeneutic, menentukan matrik, model dan varian, serta hipogram. Langkah pertama pembacaan heuristic, peneliti menjelaskan makna bait pertama hingga bait keempat secara gramatikal. Karena hanya dengan pembacaan heuristic pembaca tidak dapat memahami makna yang terkandung didalamnya. Maka dilanjutkan dengan langkah yang kedua yaitu pembacaan hermeneutic. Dalam pembacaan hermeneutic, peneliti menjelaskan makna yang mendalam untuk dapat memahami isi dari puisi terbut. Kemudian peneliti melanjutkan pada langkah ketiga yaitu menemukan matrik, model, dan varian. Peneliti menjelaskan matrik, model dan varian pada setiap bait (bait pertama hingga bait keempat). Dan langkah yang terkhir adalah hipogram, peneliti menyebutkan beberapa karya sastra lain yang berhubungan dengan puisi “Saya bersaksi bahwa tiada perempuan selain engkau”. Puisi "Asyhadu An La Imro’ata Illa Anti" karya Nizar Qabbani merupakan puisi yang mengandung ungkapan syukur penulis kepada perempuan tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kata “anti” merujuk pada pada perempuan yang sangat mulia dalam kehidupan penulis. Dan setelah menelitian puisi ini, peneliti mengemukakan bahwa perempuan yang disebut penulis dalam puisi ini adalah ibunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Fitri Elmafitrielmarosyidah@gmail.com03010120011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Thesis advisorRohman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Puisi
Sastra
Keywords: Semiotika; metafora; simbol; struktur linguistik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fitri Elma Rosyidah
Date Deposited: 02 May 2024 03:08
Last Modified: 02 May 2024 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69840

Actions (login required)

View Item View Item